Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Kang Emil: Bandung Masih Destinasi Halal Terfavorit

Rabu 20 Nov 2019 00:35 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat menghadiri Anugerah Syariah Republika 2019 di Hotel JW Mariott Jakarta, Selasa (19/11).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat menghadiri Anugerah Syariah Republika 2019 di Hotel JW Mariott Jakarta, Selasa (19/11).

Foto: dok. Republika
Menurut Kang Emil, Bandung lengkap sebagai destinasi wisata halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jawa Barat menjadi destinasi halal terfavorit dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019. Jawa Barat memiliki sekitar 1.924 destinasi wisata.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan destinasi halal terfavorit masih diraih oleh Kota Bandung. "Kota Bandung masih terfavorit karena segalanya ada, kuliner, fashion dan lainnya. Kami masih mendorong wisata-wisata di wilayah-wilayah lain," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, dalam acara ASR 2019 di Hotel JW Marriott Jakarta, Selasa (19/11).

Menurut Kang Emil, dalam pengembangan ekonomi syariah, terutama wisata halal, diperlukan edukasi yang komprehensif kepada masyarakat. Branding yang bagus dan komprehensif akan membantu masyarakat memahami apa itu syariah dan halal.

"Misalnya isu destinasi wisata halal, seolah-olah akan mengislamisasi. Padahal kan faktor keamanan, kalau nyaman buat Muslim, nyaman juga untuk non-Muslim," kata Kang Emil.

Kang Emil juga mengapresiasi pelaksanaan acara ASR 2019. Menurutnya, acara ini adalah inisiatif yang luar biasa untuk mendorong ekonomi syariah di Indonesia.

Kunci pengembangan ekonomi syariah adalah edukasi dalam mengubah pola pikir masyarakat terkait syariah. "Masyarakat harus memahami syariah sebagai pilihan," kata Kang Emil.

ASR 2019 digelar untuk memberikan apresiasi kepada sejumlah pelaku industri keuangan syariah, mulai dari perbankan syariah, keuangan sosial syariah, fintech syariah dan industri halal yakni pariwisata.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA