Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Daftar Makanan yang tidak Mudah Kedaluwarsa (2-Habis)

Selasa 19 Nov 2019 10:39 WIB

Rep: MGROL 127/ Red: Indira Rezkisari

Beras merupakan salah satu makanan yang tidak mudah kedaluwarsa.

Beras merupakan salah satu makanan yang tidak mudah kedaluwarsa.

Foto: pixabay
Beberapa makanan baru akan mulai kedaluwarsa setelah dibuka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Faktor kedaluwarsa menjadi salah satu pertimbangan saat membeli makanan. Jangan sampai sudah membeli makanan ternyata hanya berumur pendek karena masa kedaluwarsanya sudah akan segera tiba.

Tapi ada beberapa makanan yang tidak perlu dikhawatirkan mengenai masa kedaluwarsanya. Artinya makanan-makanan ini memiliki daya pakai yang panjang dibanding makanan lain.

Minuman Keras
Minuman keras hanya abadi ketika disimpan di tempat yang dingin dan tidak dibiarkan terbuka. Ketika sudah dibuka, minuman keras atau alkohol akan terpapar udara dan mulai kehilangan rasa karena oksidasi. Alkohol juga dapat terpengaruh jika terpapar pada kondisi cuaca ekstrem, cahaya terang, atau panas.

"Sebagian itu karena suhunya dapat memecah jenis molekul organik yang disebut terpene," menurut Wired.

Ekstrak Vanila Murni
Karena ekstrak vanila murni mengandung alkohol, hal itulah yang membuatnya lebih awet. Sementara ekstrak vanila yang tidak murni tidak mengandung alkohol. Jadi, selama ekstrak Anda murni dan tersegel dengan baik sehingga tidak ada bakteri yang dapat masuk ke dalam botol, Anda dapa tmenyimpan vanila yang Anda inginkan. Yaitu, setidaknya sampai vanila habis.

Beras
Terlepas dari apakah beras disimpan di dapur, lemari es, atau freezer, Anda tidak perlu menggantinya. Menurut Still Tasty, “Beras putih, liar, Arborio, melati, dan basmati semuanya memiliki umur simpan yang tidak terbatas ketika dijaga bebas dari kontaminan.

Baca Juga

Pengecualiannya adalah beras merah. Sebab kandungan minyaknya yang lebih tinggi hingga tidak akan bertahan lama. ”Tidak peduli beras yang Anda masak sudah lama atau baru, asalkan tidak melakukan kesalahan memasak beras, nasi yang baik tetap akan bisa dihasilkan.

Sirup Maple Murni
Jika biasanya membeli barang palsu di toko, Anda mungkin akan mempertimbangkannya kembali. Sirup maple yang belum dibuka akan tetap awet sampai kapanpun. Namun, jika membukanya, harus dimasukkan ke lemari es.

Kecap
Kecap adalah makanan lain yang Anda tidak perlu khawatir tentang kedaluwarsanya. Kecap bisa disimpan lama dan akan tetap baik saat dibuka, dikutip dari Reader's Digest.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA