Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Mengapa Harus Minum Jus Wortel? Ini Alasannya

Selasa 19 Nov 2019 06:11 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

jus wortel (Ilustrasi)

jus wortel (Ilustrasi)

Foto: womanitely.com
Untuk mendapatkan semua nutrisi yang baik dari wortel adalah dengan minum jus wortel.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Wortel terkenal baik untuk mata. Tak hanya itu, wortel juga dapat meningkatkan kesehatan kulit, otak, dan jantung. Ternyata, untuk mendapatkan semua nutrisi yang baik dari wortel adalah dengan minum jus wortel.

Jus wortel hanyalah jus yang diekstrak dari wortel, tetapi proses ekstraksi memberikannya profil nutrisi yang sangat terkonsentrasi. Untuk membuat satu porsi jus wortel, Anda harus menggunakan hingga empat atau lima wortel.

Berikut nutrisi dan manfaat kesehatan dari jus wortel, dilansir di First for Women, Senin (18/11).

Baca Juga

Nutrisi untuk kesehatan mata dan penglihatan
Jus wortel sangat tinggi beta karoten, sejenis vitamin A. Vitamin A adalah antioksidan, dan diperlukan untuk penglihatan yang kuat karena melindungi permukaan mata.

Satu ulasan penelitian menemukan bahwa konsumsi beta-karoten dari wortel dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari degenerasi makula atau hilangnya penglihatan terkait usia, katarak, dan glaukoma.

Jus wortel juga kaya akan lutein, antioksidan lain yang melindungi mata dari cahaya yang terang dan merusak.  Studi lain menunjukkan bahwa lutein dikaitkan dengan penurunan risiko kehilangan penglihatan terkait usia.

photo
Jus wortel

 

Kesehatan kulit
Jus wortel juga baik untuk kulit Anda, terutama jika Anda berjuang dengan kondisi atau kelainan kulit. Beta-karoten adalah anti-inflamasi yang kuat dan dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi kulit seperti psoriasis.

Jus wortel juga kaya vitamin C, antioksidan lain yang mungkin Anda perhatikan dalam banyak produk kulit anti-penuaan. Itu karena vitamin C memiliki sifat penyembuhan untuk penuaan kulit, meningkatkan pergantian sel untuk melawan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Mencegah demensia atau pikun
Jus wortel bagus untuk otak Anda dan bahkan bisa mencegah kondisi otak yang berkaitan dengan usia seperti demensia. Stres oksidatif menyebabkan kerusakan sel-sel otak yang dapat menyebabkan gangguan kognitif dan kehilangan memori.

Beta-karoten dalam jus wortel dapat memerangi stres oksidatif dan memperkuat fungsi dan memori otak.  Satu studi menemukan bahwa beta-karoten dapat secara signifikan mengurangi tingkat stres oksidatif. Ini berarti bahwa jus wortel dapat membantu melestarikan sel-sel otak yang berharga dan membantu Anda menjaga memori Anda.

Kekebalan tubuh
Vitamin C juga dikenal sebagai penambah sistem kekebalan tubuh, jadi jus wortel dapat membantu Anda mencegah penyakit. Satu studi pasien dengan leukemia menunjukkan bahwa pengobatan dengan jus wortel menyebabkan kematian sel kanker, menghentikan penyakit berkembang.

Kesehatan jantung
Jus wortel banyak mengandung kalium, nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung yang baik. Kalium membantu untuk memicu jantung Anda untuk memompa darah ke seluruh tubuh, dan juga berperan dalam menyaring darah lipid atau senyawa seperti lemak di ginjal.

Ini dapat membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol dan trigliserida. Stres oksidatif juga menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan stroke, sehingga kualitas antioksidan jus wortel membantu melawan kondisi ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA