Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Cara Bugar dan Sehat Menggunakan Ponsel

Ahad 03 Nov 2019 11:00 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Endro Yuwanto

Ponsel di tempat tidur (Ilustrasi)

Ponsel di tempat tidur (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Sejumlah aplikasi ponsel pintar dapat bermanfaat untuk kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Penelitian demi penelitian menemukan bahwa kecanduan terhadap ponsel menimbulkan kekacauan pada rutinitas, terutama pada malam hari. Kekacauan itu bisa berupa gangguan tidur hingga menempatkan seseorang pada risiko yang jauh lebih besar, seperti stroke, kanker, obesitas, dan serangan jantung.

Pun menjangkau telepon di pagi hari juga sangat tidak disarankan. Cahaya biru ponsel dapat memicu semacam perlawanan atau respons tubuh sehingga menyebabkan tingkat kortisol tiba-tiba melonjak, dan secara efektif menyengat listrik dalam tubuh.

Ponsel selama ini sudah dinilai bisa mengganggu masalah kesehatan mental yang dapat disebabkan oleh kecanduan media sosial, atau masalah kondisi tulang belakang yang merosot di komputer sepanjang hari. Intinya, semua teknologi yang dirancang untuk membuat hidup lebih mudah, menghadirkan serangkaian masalahnya sendiri. Beberapa di antaranya dapat benar-benar merusak kesehatan diri.

Namun, ada juga beberapa teknologi baru yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dilansir di News.com.au, pekan ini, berikut sejumlah aplikasi ponsel pintar yang dapat bermanfaat untuk kesehatan.

1 Tenangkan pikiran

Meditasi dan perhatian, jarang bisa didapatkan akhir-akhir ini. Salah satu cara termudah untuk memulai adalah dengan menggunakan aplikasi meditasi terpandu di ponsel Anda. Salah satu yang paling populer adalah aplikasi Calm. Ada meditasi sederhana yang dapat dilakukan dalam waktu 10 menit di dalam rumah.


2 Tingkatkan

Pelacak kebugaran bisa berfungsi layaknya pelatih pribadi di pergelangan tangan Anda. Aplikasi Whoop adalah salah satu pendatang baru yang diklaim melampaui alat pengukur langkah yang sederhana. Aplikasi tersebut bisa mengukur detak jantung Anda, berapa banyak kalori yang terbakar, kesiapan Anda untuk berlatih, hingga kualitas tidur Anda.


3. Timbang

Indeks massa tubuh (BMI) adalah salah satu cara untuk melacak alasan penurunan berat badan, meskipun tidak akurat. Ketika bermain footy, semua orang di tim akan 'gemuk' pada skala tertentu. Alasannya, berat badan Anda adalah angka luas yang mencakup lemak, otot, dan air. Jadi, jika Anda menggunakan timbangan, beli satu set yang berteknologi tinggi untuk bisa memisahkan metrik itu sehingga Anda benar-benar tahu di mana Anda berdiri.

Pencipta The Man Shake, Adam MacDougall mengatakan, seseorang bisa melakukan berbagai kegiatan kebugaran di sela-sela waktu sibuknya. Menurut dia, seseorang bisa melakukan olahraga ringan setiap hari. Atur alarm setiap jam yang mengharuskan Anda bangun dan berolahraga satu menit, seperti push up, squat, sit up, atau berlari di tempat. Pada akhir hari, Anda akan menyadari telah melakukan berbagai aktivitas olahraga penuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA