Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Kamar Kerajaan Jaipur Kini Bisa Disewa dari Ainbnb

Kamis 14 Nov 2019 08:08 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Indira Rezkisari

Pink Palace atau istana kerajaan keluarga Jaipur di India.

Pink Palace atau istana kerajaan keluarga Jaipur di India.

Foto: EPA
Hasil dari penyewaan kamar kerajaan Jaipur akan disumbangkan oleh Airbnb.

REPUBLIKA.CO.ID, JAIPUR -- Airbnb memperkenalkan properti kerajaan pertama mereka di Jaipur, India. Keluarga kerajaan Jaipur telah mendaftarkan sebuah kamar di City Palace of Jaipur berusia 300 tahun yang penuh hiasan di Airbnb dengan harga 7.983 dolar AS per malam.

Kediaman ini dibangun pada tahun 1727 oleh Maharaja Sawai Jai Singh II, pendiri kerajaan kota Jaipur. Bangunan hingga kini masih menjadi rumah keluarga kerajaan.  

Para tamu istana yang terhormat termasuk Putri Diana, Oprah Winfrey, Bill Clinton dan Jackie Kennedy pernah masuk ke sana.

Mulai 23 November, ruangan pribadi istana, yang sebelumnya hanya terbuka untuk bangsawan dan tamu istimewa mereka, akan terbuka untuk pemesan Airbnb.

Suite Gudliya yang mewah meliputi ornamen seperti lounge, dapur, kamar tidur dan kamar mandi, serta kolam renang dalam ruangan pribadi dan pelayan pribadi.

Maharaja Padmanabh Singh, Raja Jaipur yang berusia 21 tahun, akan menjadi tuan rumah. Meskipun India sekarang merupakan republik yang demokratis, keluarga kerajaan masih memegang peranan penting dalam sejarah dan tradisi yang kaya di kawasan itu.

"Saya sangat senang bahwa keluarga saya dan saya bermitra dengan Airbnb untuk menghidupkan kemegahan Rajasthan bagi para turis dari seluruh dunia," kata Maharaja Padmanabh Singh dilansir di CNN Travel.

"Perjalanan saya sendiri dengan Airbnb telah membuat saya merasa sangat disambut di kota-kota dan budaya baru. Saya senang bahwa pengalaman keramahan India klasik akan dibagikan kepada orang lain," tambahnya.

Saat para tamu tiba di bandara, mereka akan dibawa pergi dengan mobil sopir dan diangkut ke Istana Kota. Mereka lalu akan bertemu dengan seorang pelayan pribadi untuk mengantar masuk.

Apa yang dimiliki oleh suite ini menawarkan tampilan yang akrab ke dalam warisan dan tradisi keluarga kerajaan dan Kota Jaipur.

Seorang anggota staf istana akan memandu tamu dalam tur arsitektur, seni, dan dekorasi kompleks yang luas ini. Dipandu oleh kepala pelayan, para tamu juga akan dapat menikmati tamasya yang dikuratori beserta dengan pengalaman berbelanja, tur museum berpemandu dan kunjungan kota. Itu juga jika Anda ingin meninggalkan istana untuk melihat-lihat kota.

Pemandangan teras dan taman penuh merak akan menjadi latar belakang Rajasthani yang otentik, termasuk sarapan gourmet dan makan malam di Baradari, restoran di dalam istana.

Dikenal sebagai Kota Merah Muda, Jaipur adalah ibu kota Rajasthan. Situs Warisan Dunia UNESCO ini dikenal dengan arsitektur simetrisnya yang indah dalam warna merah muda, tekstur terakota, dan warna coklat kemerahan.

Airbnb mengatakan, hasil dari pemesanan kamar suite akan jatuh ke Yayasan Princess Diya Kumari, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat kurang mampu di Rajasthan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA