Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Alis Juga Bisa Berketombe, Kenali Cara Membasminya

Rabu 13 Nov 2019 21:27 WIB

Rep: MGROL 125/ Red: Reiny Dwinanda

Membersihkan wajah. Ketombe tak hanya mengusik kulit kepala, alis pun bisa berketombe.

Membersihkan wajah. Ketombe tak hanya mengusik kulit kepala, alis pun bisa berketombe.

Foto: Prayogi/Republika
Ketombe juga bisa mengusik alis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berketombe, penampilan seseorang tentu akan terganggu. Apalagi, jika serpihan putih itu ada di alis.

Mengapa alis bisa berketombe? Ketombe alias dermatitis seboroik terjadi karena pengelupasan kulit yang tidak maksimal hingga menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk dan menimbulkan serpihan putih yang terasa gatal.

Umumnya, ketombe memang terjadi di bagian kulit kepala. Namun, ternyata masalah ini tidak hanya terjadi pada kulit kepala, tetapi juga pada rambut alis.

"Ini merupakan bagian dermatitis seboroik atau bentuk lain dari eksim,” kata dokter kulit bersertifikat, Kiera Barr MD, dilansir Mind Body Green.

Dermatitis seboroik, menurut Barr, adalah suatu kondisi peradangan yang disebabkan oleh ragi atau jamur yang ada di berbagai bagian tubuh. Serpihan itu bisa terjadi di semua bagian tubuh yang memiliki folikel penahan rambut.

Namun, dermatitis seboroik pada alis merupakan hal yang tidak biasa terjadi. Penyebabnya pun berbeda dengan ketombe yang timbul karena penumpukan minyak. Penumpukan minyak tersebut menimbulkan bakteri karena itu merupakan makanan dari bakteri atau jamur. Hal ini disebut mikrobioma.

Eksim merupakan sebuah penyakit kelainan kulit. Penyebab timbulnya ketombe pada alis sama dengan pemicu dari eksim.

Menurut Barr, cuaca dingin menjadi pemicu terjadinya ketombe pada alis. Cuaca dingin biasanya menyebabkan kulit seseorang menjadi kering sehingga menyebabkan timbulnya ketombe pada alis.

Lingkungan kering atau lingkungan yang memiliki tingkat kelembapan yang rendah juga menjadi hal yang menyebabkan kulit menjadi kering. Alhasil, ini menjadi salah satu sebab timbulnya ketombe pada alis.

Selain itu, produk perawatan pribadi yang tidak cocok atau alergi juga bisa menjadi penyebab terjadinya ketombe pada alis. Ketika permasalahan ketombe pada alis terjadi, jangan balurkan minyak. Biasanya orang-orang melakukan hal tersebut agar kulit-kulit yang mengelupas dapat hilang. Namun, cara tersebut tidaklah tepat karena bakteri akan lebih nyaman berada di alis seseorang.

Sementara itu, banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ketombe pada alis. Salah satunya adalah dengan mengatasi penyebab utamanya. Lalu, gunakan sampo yang biasa digunakan untuk menghilangkan ketombe.

"Kita harus mencari sampo yang mengandung zat aktif seperti seng pyrithione dan anti jamur, atau antimikroba, seperti yang mengandung pohon teh," ujar Barr.

Barr juga menyarankan untuk menggunakan pembersih yang lembut bagi wajah. "Jangan mengacaukan keseimbangan organisme di kulitmu. Jika kamu melakukannya, kamu membuatnya lebih mungkin bagi jamur ini memiliki kesempatan untuk tumbuh." katanya.

Jika ingin memulihkannya dengan cepat, coba tenangkan kulit dengan pelembab anti-inflamasi. ni akan membuatnya hilang sementara, tetapi tidak berpengaruh pada penyebabnya.

"Ini bukan penyelesaian dari waktu ke waktu," katanya.

Barr merekomendasikan minyak buckthorn laut, tetapi jangan menggunakannya terlalu banyak agar tidak menyebabkan penumpukan minyak. Sementara itu, kesehatan usus juga memengaruhi timbulnya ketombe pada alis.

"Melihat masalah ini secara holistik, kita tahu bahwa ketidakseimbangan usus dapat memicu kondisi kulit yang meradang," jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA