Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Ini Cara Minum Kopi tanpa Gula

Rabu 13 Nov 2019 05:38 WIB

Red: Nora Azizah

Segelas Kopi (Ilustrasi)

Segelas Kopi (Ilustrasi)

Foto: Pexels
Gula yang ditambahkan pada kopi tidak baik untuk kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beralih dari minum kopi yang manis menjadi tanpa pemanis mungkin sulit. Namun, menambahkan gula pada kopi memang tidak disarankan untuk kesehatan. Pasalnya, gula yang ditambahkan di dalam kopi bisa merusak metabolisme hingga menimbulkan peradangan.

Meski sulit, minum kopi tanpa gula tetap bisa dilakukan. Dilansir melalui lifehacker.com, Rabu (13/11), ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar rasa kopi tetap nyaman di lidah meski tidak ditambah gula.

Gula untuk kopi bisa diganti dengan menambahkan lemak atau garam. Jangan salah, dua penambah rasa ini bisa membuat rasa kopi tidak kalah enak.

Garam memang tidak biasa dimasukkan ke dalam minuman. Namun, garam identik dengan camilan yang populer di era 90-an. Saat itu jenis kudapan yang disantap bersama kopi cenderung lebih asin. Sementara menambahkan lemak bisa menggunakan krimer.

Apabila tidak tertarik menambahkan dua jenis itu, cobalah minum kopi dalam keadaan dingin. Menurunkan suhu kopi akan lebih sulit mencicipi rasanya yang pahit. Jangan ragu menambahkan es atau meracik es kopi hitam.

Selain itu, menambahkan serbuk kayu manis juga direkomendasikan sebagai pengganti gula. Rasa kayu manis bisa mengalihkan mulut mengecap pahitnya kopi. Bila suka, tambahkan pula jenis rempah-rempah lain ke dalam kopi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA