Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Benda di Rumah yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Selasa 12 Nov 2019 16:58 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Dapur/ilustrasi

Dapur/ilustrasi

Foto: flickr
Benda ini wajib dibersihkan karena memiliki konsekuensi serius terhadap kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesibukan terkadang membuat seseorang tak sempat bersih-bersih rumah. Jangankan untuk membersihkan lantai, tumpukan piring kotor pun kadang tak terusik.

Baca Juga

Namun, menjaga kebersihan rumah tetap harus menjadi prioritas. Laman First for Women, Selasa (12/11), menyebutkan bahwa ada beberapa benda di rumah yang harus dibersihkan setiap hari.

Beberapa jenis benda di rumah ini ternyata harus dibersihkan setiap hari karena memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Berikut beberapa jenis benda di rumah yang direkomendasikan untuk dibersihkan setiap hari.

 


Piring kotor
Anda dianjurkan untuk segera mencuci piring-piring yang kotor. Associate Professor dari sekolah psikologi Universitas Curtin, Barbara Mullan, mengatakan bahwa bakteri akan tetap hidup di permukaan, bahkan permukaan bersih, hingga empat hari.

"Jadi pada hidangan yang memiliki kontaminasi seperti partikel makanan, bakteri dapat tetap hidup untuk waktu yang sangat lama," kata Mullan.

Wastafel dapur
Kelly A. Reynolds, PhD, seorang ahli mikrobiologi lingkungan di Zuckerman College of Public Health di Arizona, mengatakan ada jutaan patogen (kuman penyebab penyakit) yang menempel di wastafel, segel saluran pembuangan.  dan gasket karet di sekitar pembuangan sampah.

Sama seperti di atas, jika Anda terus membersihkan wastafel dapur Anda seharusnya tidak ada masalah.

Mesin Pembuat Kopi
Pembuat kopi Anda dapat dengan cepat menjadi tempat tidur panas yang hangat dan lembab untuk pertumbuhan bakteri.  Pembuat kopi yang kotor juga dapat mempengaruhi rasa minuman, membuat kopi Anda terasa berminyak. Cobalah membersihkan pembuat kopi Anda dengan memasukkan cuka encer dan air lalu menyalakanya.

Microwave
Adalah mitos bahwa microwave Anda membunuh semua bakteri di dalamnya ketika Anda menggunakannya.  "Bakteri tangguh dan dapat tertidur jika Anda tidak membersihkan permukaan secara teratur," kata Dr. Reynolds.  Pastikan Anda membersihkan microwave setiap hari, dan bersihkan tumpahan karena itu dapat menghentikan mikroba berkembang biak.

Lantai Dapur
Jangan lupa tentang lantai dapur Anda, kecuali jika Anda ingin didatangi banyak serangga. Lantai dapur Anda adalah tempat serangga pertama masuk dan tinggal ketika mulai kotor. Yang harus Anda lakukan adalah menyapu cepat selama lima menit setiap hari dan menyapu hingga 10 menit atau lebih setiap hari kedua.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA