Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Derita Sinus? Sebaiknya Hindari Produk Susu

Selasa 12 Nov 2019 11:20 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Susu sapi

Susu sapi

Foto: Pixabay
Produk susu dapat memperparah kondisi sinus.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Infeksi sinus merupakan kondisi menyakitkan yang timbul ketika rongga di dekat saluran hidung meradang. Infeksi sinus dapat menyebabkan sakit kepala, pembengkakan wajah, demam, batuk, hidung tersumbat dan masalah lainnya.

Hidup dengan sinusitis rasanya bisa sangat menjengkelkan. Seperti dilansir dari Indian Express, saat seseorang menderita sinusitis, sebaiknya hindari produk susu karena dapat memperburuk kondisi. Penderita sinusitis juga tidak boleh mengonsumsi anggur dan minuman beralkohol.

Jangan menyiapkan grafik diet sendiri. Jika kondisi sinus Anda serius, tanyakan pada dokter.

Mereka mungkin meresepkan obat-obatan yang bisa membuat Anda sehat kembali. Sebagai gantinya, penderita sinus harus rajin meminum air.

Air membantu menjaga selaput lendir tetap lembab sehingga kelenjar sinus mudah keluar. Anda harus tetap terhidrasi jika ingin menahan infeksi, atau juga dapar mengonsumsi teh herbal dan sup.

Pastikan apa pun yang diminum mengandung lebih sedikit garam dan tanpa tambahan gula. Selanjutnya, makanan yang dikonsumsi harus kaya akan vitamin dan mineral.

Di antaranya, buah dan sayuran berwarna seperti stroberi, brokoli, paprika merah dan hijau. Makanan ini mengandung vitamin C, yang dikenal untuk melawan alergi minuman, pilek dan infeksi.

Anda juga membutuhkan banyak vitamin A dalam makanan untuk menjaga selaput lendir sehat. Seperti wortel dan ubi yang kaya beta karoten.
 
Selain itu, makanan yang mengandung seng di dalamnya, seperti kacang hitam dan makanan laut yang membantu mengubah beta karoten menjadi vitamin A. Makanan ini meningkatkan kekebalan dan meningkatkan tubuh melawan infeksi pernafasan.

Sisi lain, bumbu seperti jahe dan bawang putih mentah membantu tubuh melawan flu dan dingin. Jahe dapat diminum bersama teh.

Ini membantu rileks dan mengurangi saluran hidung dan membran yang tersumbat. Bawang putih sangat bagus untuk kesehatan paru-paru.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA