Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Agar Si Kecil tak Takut Disuntik

Senin 11 Nov 2019 09:12 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (ketiga kanan) menenangkan anak usai diberi suntikan imunisasi difteri saat pencanangan 'Outbreak Response Immunization (ORI)' di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (2/2).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (ketiga kanan) menenangkan anak usai diberi suntikan imunisasi difteri saat pencanangan 'Outbreak Response Immunization (ORI)' di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (2/2).

Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Orang tua bisa mengatakan suntik pasti sakit tapi banyak gunanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua anak takut dengan suntikan jarum, bahkan ada yang bisa teriak histeris ketika melihat suntikan. Namun meski ditakuti, imunisasi sangatlah penting untuk mencegah penyakit berbahaya.

Lalu bagaimana cara mengurangi rasa takut si kecil? Seperti diwartakan Times of India, Senin (11/11) berikut lima cara sederhana untuk membantu mengurangi rasa takut si kecil akan suntikan.

Ceritakan yang sebenarnya
Penting bagi orang tua untuk memberi tahu si kecil pentingnya imunisasi secara suntik. Anda juga dapat memberi tahu bagaimana suntikan itu akan membantu mereka dalam memerangi infeksi dan penyakit berbahaya di kemudian hari.

Tanyakan kepada perawat tentang posisi yang lebih nyaman
Untuk mencegah anak-anak bergerak-gerak selama proses menyuntik, banyak dokter menyarankan anak-anak untuk berbaring. Namun, ini bisa memicu rasa takut sakit pada si kecil.

Jadi tidak ada yang salah untuk menanyakan kepada penyedia layanan kesehatan tentang posisi yang lebih nyaman. Jika si kecil dapat disuntik sembari duduk, itu lebih baik tapi pastikan Anda memeganginya dengan kuat.

Hadiah selalu membantu
Trik lain untuk memperlancar proses injeksi yaitu dengan mengimingi hadiah. Anda bisa memberikan cokelat atau camilan favorit sebagai hadiah atas keberanian di kecil.

Gunakan gangguan
Gangguan bisa dengan sambil membacakan cerita favorit, menyanyikan lagu favorit, atau permainan-permainan yang bisa mengalihkan perhatian si kecil ketika hendak disuntik.

Orang tua harus tenang
Pada akhirnya, ingatlah bahwa si kecil akan melihat orang tuanya. Jika si kecil melihat orang tua bahagia dan tersenyum, dia akan menerima petunjuk dan mengerti bahwa itu bukan masalah besar. Jadi, usahakan tetap tenang dan tidak tegang.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA