Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

5 Manfaat tak Terduga Melakukan Olahraga Plank

Sabtu 09 Nov 2019 16:16 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: healthline.com

Foto: healthline.com

Tak hanya untuk bagian perut, banyak manfaat yang dirasakan tubuh jika rutin melakukan latihan plank. Apa saja kira-kira? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber. 

Tak sedikit orang yang menginginkan perut rata tanpa tumpukan lemak. Biasanya latihan sit-up atau crunches paling sering dilakukan banyak orang. Namun, ada olahraga lain yang sangat efektif untuk Anda coba. 

plank adalah gerakan olahraga yang mengharuskan seseorang menempatkan kedua sisi tangannya, termasuk siku, di permukaan lantai atau tanah, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya seperti ingin push-up.

Tak hanya untuk bagian perut, banyak manfaat yang dirasakan tubuh jika rutin melakukan latihan plank. Apa saja kira-kira? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber. 

Memperbaiki postur tubuh

Jika punggung Anda terasa pegal karena pekerjaan yang mengharuskan duduk seharian di depan laptop, olahraga plank bisa menyembuhkannya.

Manfaat latihan plank dapat memperkuat punggung, dada, bahu, leher hingga perut. Latihan plank dengan baik bisa memperkuat bahu dan pinggang bawah, kedua komponen ini sangat dibutuhkan untuk membentuk postur tubuh yang ideal.

Melakukan plank dengan rutin juga mampu mengembangkan kekuatan isometrik pada otot inti, sehingga Anda bisa duduk lebih lama dan nyaman di kantor.

Membentuk lebih banyak otot

Jika tidak berolahraga, banyak otot dalam tubuh kita yang tidak menonjol. Plank bisa membentuk lebih banyak otot, agar tubuh bisa memiliki postur baik. Tak hanya otot perut yang dibentuk, tapi juga tubuh secara keseluruhan, bisa merasakan manfaat plank.

Memperkuat otot perut

Melakukan plank saja memang tidak bisa memberikan hasil berupa perut six pack. Namun, jika latihan tersebut disertai diet yang sehat, cardio rutin, hingga olahraga angkat berat, jangan kaget kalau nanti badan Anda terlihat menakjubkan di depan cermin.

Fungsi utama plank memang untuk memunculkan bentuk otot di bagian perut tengah. Bila dilakukan dengan rutin bisa melatih otot perut inti bagian dalam, termasuk transverus abdominis, yang bisa membuat otot rectus abdominis jadi lebih kuat. Buat Anda yang memiliki masalah punggung tak perlu khawatir, sebab plank lebih aman bila dibandingkan dengan gerakan sit-up. 

Baca Juga: 7 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Meningkatkan kinerja otot

Posisi plank dan segala variasinya dapat melatih tubuh agar bisa menggunakan perut untuk menstabilkan gerakan. 

Dengan otot perut yang kuat, kaki dan lengan tidak perlu “bekerja keras” melakukan segala gerakan tubuh. Hal ini bisa membuat tenaga jadi tahan lama. Cedera pun terhindari. Melakukan plank secara rutin membuat seluruh otot di tubuh dilatih untuk bekerja sama.

Membuat tubuh jadi fleksibel

Manfaat olahraga plank lainnya ialah membuat tubuh lebih fleksibel. Gerakan plank bisa meningkatkan postur pada paha belakang serta lengkungan kaki. Jika Anda ingin membuat tubuh lebih renggang dan fleksibel, plank dengan gaya menyamping bisa Anda coba.

BACA JUGA: Cek LINGKUNGAN HIDUP, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA