Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Cara Dion Wiyoko Atasi Dehidrasi

Sabtu 09 Nov 2019 09:41 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

Aktor Dion Wiyoko saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat(1/11).

Aktor Dion Wiyoko saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat(1/11).

Foto: Republika/Umi Soliha
Dion Wiyoko memastikan banyak minum air dan buah agar tidak dehidrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting. Tubuh dehidrasi akan mengganggu metabolisme dan kerja sistem tubuh.

Jika tak segera ditangani, dehidrasi bisa menyebabkan kerusakan organ bahkan kematian. Aktor dion wiyoko pernah mengalami dehidrasi.

Baca Juga

Saat dehidrasi, ia mengaku mendapati gejala seperti,  kurang kosentrasi, kulit kering dan warna urine kuning pekat. Ia mengatasinya dengan segera memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Hal sederhana yang ia lakukan untuk mengembalikan tubuh terhidrasi adalah dengan meminum mineral sebanyak delapan gelas per hari. "Saya pernah dehidrasi saat liburan ke luar negeri atau pun bertualang di alam. Saat itu susah cari tempat yang menyediakan minuman. Kalau sudah dehidrasi, saya pastikan dalam sehari meminum air sebanyak delapan gelas. Namun, tidak selalu delapan gelas ya tergantung aktivitas, berat badan dan sebagainya," ujarnya.

Di samping itu, yang ia lakukan adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Buah-buahan bisa menggantikan cairan yang dikeluarkan tubuh setiap hari.

Buah-buahan yang mengandung banyak air di antaranya, semangka, melon, tomat dan anggur. Apabila tidak suka mengkonsumsi buah, cara menggantinya dengan meminum jus buah segar, selain menjaga tetap terhidrasi, kalori dalam buah pun bisa memberikan energi lebih untuk tubuh.

Menurut Dion tidur yang cukup juga merupakan cara menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini karena kolagen yang dihasilkan saat tidur akan meningkatkan aliran darah, sehingga menyebabkan kulit tetap lembab dan lembut.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA