Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Pedas Manis Tauge Goreng Legendaris Hj Omah Bogor

Sabtu 09 Nov 2019 09:14 WIB

Rep: MGROL 127/ Red: Indira Rezkisari

Sepiring tauge goreng Hajah Omah Bogor.

Sepiring tauge goreng Hajah Omah Bogor.

Foto: MGROL 127
Tauge goreng Hj Omah sudah berdiri di Bogor sejak tahun 1970-an.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Mengunjungi Kota Bogor tak lengkap rasanya bila tidak mencicipi makanan khasnya yaitu tauge goreng . Dari banyak penjaja tauge goreng di Bogor ada satu yang cukup populer, toge goreng Hj Omah yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah.

toge goreng hj omah sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Tempat makan ini didirikan oleh H Ujang dan istrinya sejak kedainya masih berada di depan PLN Kota Bogor.
Kini, kedai tauge gorengnya pindah ke samping toko roti Bogor Permai, Jalan Jenderal Sudirman, Bogor. “Dulu masih depan PLN, lalu kami baru pindah ke sini pada tahun 2003,” jelas H Muchtar, suami dari Hj Omah, Rabu (6/11).

Tauge goreng Hj Omah sudah terkenal sebagai salah satu tauge goreng ledendaris di kota Bogor. Konon menu ini pernah diboyong oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Bogor, dalam rapat paripurna pada awal tahun 2017 lalu.

Dalam proses pembuatannya, tauge goreng direbus seperti biasa, namun tetap dijaga teksturnya agar tetap renyah. Setelah itu, tauge diletakkan di atas piring bersama potongan tahu kuning dan mi kuning yang disiram dengan saus tauco. Masih ada tambahan guyuran kecap manis untuk melengkapi cita rasa pedas manis taug gorengnya.

photo
Tampak depan kedai Toge Goreng Hj Omah di Bogor.


“Kita juga sedia ketupat, jadi boleh juga ditambah dengan ketupat dan harganya tetap sama,” jelas H Muchtar.

Yang membedakan dari tauge goreng lainnya ialah bumbu tauconya. Tauge goreng Hj Omah menggunakan tauco buatan sendiri khusus untuk kedai tauge gorengnya.

“Iya, ibu Hj Omah buat sendiri tauconya, khusus untuk tauge goreng di sini,” jelas Firman, anak dari Hj Omah.

Ketika melahap tauge goreng Hj Omah akan terasa pedas manisnya sambal dari tauco ciri khas tauge goreng Hj Omah. Selain itu, tauge rebus yang renyah juga menjadi sensasi tersendiri di dalam mulut, bercampur dengan lembutnya tahu kuning dan mi kuning yang melengkapi cita rasa toge goreng ini.

Tauco yang dibuat Hj Omah memiliki tekstur yang lebih kental, baunya tidak menyengat, dan bumbunya terasa sedikit pedas. Itulah yang membuat perbedaan tauco Hj Omah dengan tauco tauge goreng lainnya.

photo
Pengunjung menikmati tauge goreng di kedai Toge Goreng Hajah Omah Bogor.


“Bumbunya enak, lumayan pedas. Bahkan kalau mau pedas lagi bisa minta untuk ditambah sambal,” kata Hasna, salah satu pembeli tauge goreng Hj Omah.

Tauge goreng Hj Omah harganya Rp 18.000 per porsi. Ada pun menu kerupuk khas Hj Omah yang bisa dibeli dengan harga Rp 8.000 dengan siraman bumbu tauco yang disediakan.

Pembeli bisa datang dan langsung mencicipi tauge goreng Hj Omah yang buka pada pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Kedai Toge Goreng Hj Omah biasanya selalu ramai pada jam makan siang.

Tauge goreng Hj.Omah juga bisa dibawa pulang dibungkus dengan daun patat. “Daun patat dipilih sebagain media pembungkus tauge goreng kami supaya rasa dan aromanya tidak berubah,” jelas H. Muchtar.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA