Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jangan Langsung Lihat Ponsel Begitu Bangun Tidur

Sabtu 09 Nov 2019 05:00 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Tidur dengan ponsel sangat berbahaya bagi kesehatan

Tidur dengan ponsel sangat berbahaya bagi kesehatan

Foto: Health
Banyak orang yang langsung melihat ponselnya begitu bangun tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Bagi banyak orang di seluruh dunia saat ini, ponsel menjadi benda pertama yang harus dilihat setelah bangun dari tidur panjang di malam hari. Di zaman ini, ponsel menjadi kebutuhan utama banyak orang, mulai dari memungkinkan komunikasi berjalan dengan lancar hingga hal-hal lainnya seperti membuka peta, kalender, dan surel.

Baca Juga

Meski memiliki fungsi yang luar biasa, ponsel dan jenis perangkat elektronik atau gawai lainnya dapat berefek negatif saat digunakan secara berlebihan. Dilansir Times Now News, study dari IDC menujukkan sekitar 80 person pengguna ponsel pintar kerap memeriksa apa yang ada di dalam perangkat mereka selama 15 menit setelah bangun di pagi hari.

Banyak orang yang juga tidak terkendali dalam menggunakan gawai, padahal mereka memahami ada efek negatif dari hal ini. Namun, apakah sebenarnya yang terjadi pada tubuh ketika Anda membuka ponsel hanya dalam beberapa menit setelah bangun? Berikut penjelasannya.

Dampak pertama dari membuka ponsel beberapa saat setelah bangun pagi adalah menempatkan diri dalam situasi yang penuh tekanan. Memeriksa apa yang ada di dalam ponsel bukanlah cara yang tepat untuk memulai hari, mengingat fakta bahwa Anda akan melihat banyaknya pesan, baik dari surel maupun di aplikasi percakapan seperti Whatsapp. Ini akan sangat menganggu Anda untuk memulai hari dengan pikiran yang tenang dan nyaman.

Nikole Benders-hadi, seorang psikiater mengatakan bahwa dengan melihat ponsel begitu bangun tidur , Anda akan memulai hari yang pada akhirnya membuat tingkat stres bertambah atau membuat Anda merasa kewalahan. Sebuah studi oleh tim dari University of Gothenburg di Swedia menemukan bahwa frekuensi tinggi dalam ponsel terkait langsung dengan peningkatan resiko gangguan tidur dan gejala depresi pada laki-laki dan perempuan di usia muda.

Memeriksa ponsel segera setelah bangun tidak hanya mengganggu pikiran, tetapi juga membuat untuk gangguan untuk sepanjang hari. Menggunakan ponsel di pagi hari juga dapat memengaruhi kemampuan otak untuk memprioritaskan tugas.

"Kebanjiran informasi sebelum Anda sepenuhnya bangun akan mengganggu kemampuan untuk memprioritaskan tugas," kata Benders-Hadi, dikutip oleh Elite Daily.

Selain itu, melihat ponsel saat bangun tidur bisa menyita waktu dan perhatian, sehingga pada akhirnya Anda menjadi kurang produktif. Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan ponsel pintar yang terlalu lama dapat membuat orang berisiko lebih tinggi terkena sindrom nyeri leher, penglihatan kabur, kelebihan berat badan, hingga obesitas.

Satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek negatif ponsel dan gawai lainnya adalah mematikan data seluler atau menyetel flight mode alias mode penerbangan sebelum tidur. Hal ini tentu akan menghindarkan Anda dari mendengar notifikasi pesan atau apapun di ponsel.

Anda juga bisa mencoba untuk tidak menggunakan alarm dari ponsel. Sebagai gantinya, cobalah kembali dengan jam alarm klasik. Dengan demikian, Anda tidak perlu memegang dan memeriksa ponsel di pagi hari sebagai hal yang pertama dilakukan.

Mulailah pagi dengan kebiasaan yang lebih sehat dan menyenangkan, seperti dengan meminum segelas air putih hangat, berolahraga, atau bermeditasi, kemudian lakukanlah aktivitas seperti biasa. Cobalah tip tersebut dan rasakan suasana yang lebih nyaman untuk sepanjang hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA