Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Skypass Korean Air: Gabung dan Kumpulkan Miles Biar Dapat Bonus Keliling Dunia

Sabtu 09 Nov 2019 05:15 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Setiap anggota akan mendapatkan reward miles.

Meski sering melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri untuk sebuah pekerjaan, bisnis atau sekedar traveling, tapi hingga sekarang ini masih banyak orang yang belum tahu mengenai program loyalti yang diberikan perusahaan penerbangan besar kepada pelanggan.

Padahal dengan pelanggan bergabung dengan program loyalti perusahaan tersebut akan banyak manfaat serta keuntungan yang bisa pelanggan dapatkan, salah satunya menikmati bonus penerbangan.

Hal ini bisa terjadi, sebab setiap anggota yang melakukan penerbangan sebelumnya akan mendapatkan rewardmiles’. Semakin banyak melakukan penerbangan dan semakin jauh jarak tempuhnya maka miles tersebut akan semakin banyak yang nantinya bisa ditukarkan dengan ragam bonus penerbangan.

Seperti halnya dengan Korean Air yang dimana salah satu perusahaan penerbangan yang menawarkan program loyalti Skypass. Pendaftarannya yang sangat mudah, pelanggan bisa menikmati berbagai pelayanan penerbangan yang memuaskan. Bukan hanya itu saja, anggota Skypass akan mendapatkan miles yang bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik, salah satunya keliling dunia.

 

Cara Bergabung Skypass

Untuk bergabung menjadi anggota Skypass sangat mudah, yaitu Anda hanya tinggal mendaftarnya melalui laman resmi Korean Air atau download aplikasinya terlebih dahulu. Namun ada ketentuan yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

  1. Siapa pun dapat bergabung sebagai anggota Klub SKYPASS.
  2. Anak-anak di bawah usia 12 tahun akan didaftarkan sebagai anggota SKYPASS Junior.
  3. Anda dapat mendaftar dalam program SKYPASS melalui situs web, aplikasi ponsel, kantor cabang, bandara, formulir dalam penerbangan, kartu kredit SKYPASS, dll.
  4. Anda juga wajib bergabung sebagai anggota online untuk dapat mengakses situs web Korean Air.

Jika sudah mendaftar, Anda akan mendapatkan Skypass Mobile Card. Cara mendapatkannya dengan login ke aplikasi seluler atau situs web mobile Korean Air (m.koreanair.com) dan unduh kartu Anda di [My Page] > [Mileage saya] > [Kartu mobile saya]. Anda juga dapat mengajukan kartu keanggotaan digital melalui kantor atau pusat layanan Korean Air.

Manfaat Skypass

Secara umum skypass korean air memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Dapatkan mile ketika Anda memesan penerbangan atau layanan, termasuk hotel, penyewaan mobil, kartu kredit, dan sebagainya yang disediakan oleh Korean Air dan mitra Korean Air.
  • Gunakan mile Anda untuk tiket hadiah, peningkatan hadiah, dll.
  • Berbagai hadiah dan manfaat pada maskapai mitra Korean Air dan SkyTeam yang didasarkan pada masing-masing tingkat anggota.
  • Tunjukkan kartu keanggotaan Anda untuk menerima manfaat elit Korean Air atau SkyTeam.

Setiap pelanggan dapat mencapai salah satu dari tiga tingkatan klub elite Skypass bersama Korean Air, yaitu Morning Calm, Morning Calm Premium dan Million Miler. Namun dengan ketentuan yang sudah ditentukan. 

1. Morning Calm

Untuk pelanggan berada di tingkat ini, ada kualifikasi yang harus dipenuhi, yaitu 50.000 mile atau lebih bersama Korean Air, atau 40 penerbangan yang memenuhi kualifikasi bersama Korean Air. Reference 1, atau 50.000 mile gabungan atau lebih dari Korean Air dan mitra SKYPASS 
(dengan ketentuan bahwa sekurang-kurangnya 30.000 mile diperoleh dari Korean Air).

2. Calm Premium

Pelanggan bisa mendapatkan Calm Premium dengan catatan harus memenuhi 500.000 mile atau lebih.

3. Million Miler

Bila pelanggan sudah memiliki mile sebanyak 1 juta lebih, maka berhak untuk mendapatkan status keanggotaan million miler.

Dengan ketiga kelas tersebut, anggota bisa menikmati banyak manfaat yang bisa dinikmati, antara lain:

  • Loket Check-in
  • Tambahan Jatah Bagasi Terdaftar
  • Penanganan bagasi prioritas
  • Daftar tunggu reservasi prioritas 
  • Kelayakan Anggota SkyTeam
  • Akses ke lounge
  • Penukaran mile periode biasa untuk perjalanan hadiah selama musim puncak liburan
  • Pengecualian untuk biaya penerbitan ulang tiket bonus
  • Saluran langsung eksklusif
  • Hadiah spesial

SkyTeam                

Bagi anggota member dengan status keanggotaan apapun bisa masuk ke tingkat SkyTeam, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapu manfaat yang akan didapat dengan status tingkat ini, antara lain:

  • Reservasi kelas ekonomi dijamin apabila membeli tiket bertarif penuh (Elite Plus)
  • Penanganan bagasi prioritas (Elite Plus)
  • Akses Lounge Bandara (Elite Plus)
  • Siap siaga bandara prioritas (Elite dan Elite Plus)
  • Daftar tunggu reservasi prioritas (Elite dan Elite Plus)
  • Check-in prioritas (Elite dan Elite Plus)
  • Tempat duduk pilihan (Elite dan Elite Plus)
  • Tambahan jatah bagasi terdaftar (Elite dan Elite Plus)
  • Keberangkatan prioritas (Elite dan Elite Plus)

Baca Juga: cermati.com /artikel/krisflyer-cara-lengkap-kumpulkan-dan-tukar-miles-hingga-daftar-jadi-anggota" target="_blank" rel="noopener">KrisFlyer: Cara Lengkap Kumpulkan dan Tukar Miles hingga Daftar Jadi Anggota

Cara Mendapatkan Miles

1. Penerbangan

Saat reservasi penerbangan ataupun pada saat pengurusan tiket atau check-in, jangan lupa untuk berikan nomor keanggotaan SKYPASS. Dengan begitu mileage akan langsung ditambahkan ke akun Anda. Namun, perlu Anda ketahui, bahwa mile yang diperoleh  tergantung dai rute dan kelas pemesanan.

Rute penerbangan domestik (Korea), Jepang, Tiongkok/Asia Timur Laur, Asia Tenggara, Asia Barat Daya, Amerika, Eropa/Timur Tengah, Oseania akan mendapatkan ragam jumlah mile mulai dari 109 – 6.944. Semakin jauh jarak penerbangan maka akan semakin banyak jumlah mile yang didapat. Untuk melihat daftar mile yang didapat sesuai kota tujuan, silahkan cek di (https://www.koreanair.com/global/id/skypass/earn/korean-air/mileage-accrua-chart-per-route.html)

Sementara jumlah mile yang didapat berdasarkan kelasnya, sebagai berikut:

skypass

2. Kartu Kredit

Anda juga bisa memperoleh sejumlah mile dari kartu kredit saat melakukan pemesanan penerbangan. Namun, tak semua kartu kredit bisa memperoleh mile, hanya kartu kredit yang bekerja sama dengan program Skypass saja. Berikut daftar kartu kreditnya:

  • KB Card
  • NH Card
  • Lotte Card
  • BC Card
  • Samsung Card
  • Suhyup Bank Card
  • Shinhan Card
  • Citibank Korea Card
  • Jeju Bank Card
  • KEB Hana Card
  • Hyundai Card

Selain itu juga ada perusahaan kartu kredit mitra di wilayah lain, seperti Amerika (US Bank Skypass Visa Card), Jepang (DC Card, JCB Card, MUFG/AMEX, Diners Club International.

3. Menggunakan Maskapai Mitra

Korean Air juga memiliki mitra maskapai yang apabila dipilih para pelanggannya, maka pelanggan tersebut berhak mendapatkan mile. Maskapai ini terbagi menjadi dua bagian, antara lain:

  • SkyTeam: Aeroflot, AerolineasArgentinos, AeroMexicom AirEuripa, Airfrance, Alitalia, Chine Aarilines, Chine Eastern, Czech Airlines, Delta, Garuda Indonesia, Kenya Airways, KLM, MEA, Saudia, Tarom, Vietnam Airlines, Xiamenair.
  • Afiliasi Lain: Alaska Airlines, American Airlines, Chine Southern, Emirates, Etihad, Gool, Hawaiian Airlines, Jet Airways, Japan Airlines.

4. Penyewaan Mobil

Dengan penyewaan mobil, Anda juga bisa mendapatkan mile asalkan menggunakan dari mitra yang telah bekerja sama. Berikut daftar mitra dan ketentuan perolehan mile:

sewa mobil

sewa mobil

sewa mobil

5. Hotel

Menginap di hotel yang bekerjasama dengan Skypass juga bisa memberikan Anda mile yang jumlahnya lumayan. Hotel ini terbagi menjadi tiga wilayah, seperti hotel di Korea ada KAL Hotel (Jeju/Seogwipo), Lotte Hotel dan The Shilla Seoul.

Selain itu hotel di seluruh dunia bagian 1 ada Hotels.com, Accor Hotels, Marriott Hotels, InterContinental Hotel Group, Hyatt Hotels & Resorts. Ada pula hotel di seluruh dunia bagian 2 ada Waikiki Resort Hotel (Hawaii), Shangri-La Hotels & Resorts, Okura Hotels & Resorts, Hotel Nikko & JAL City.

Namun, jangan terburu-buru melakukan pemesanan penginapan di hotel-hotel tersebut. Sebaiknya, Anda harus pastikan terlebih dahulu dengan mengecek syarat dan ketentuannya di https://www.koreanair.com/global/id/skypass/earn.html#_.

6. Mitra Lainnya

Mile keanggotaan juga bisa Anda dapatkan dari mitra lainnya seperti melakukan penukaran atau transfer uang di KB Kookmin Bank, NongHyup Bank, Shinham Bank Citi Bank. Selain itu juga dari OK Cashbag, Anggota Lotte, Cyber Skyshop, S-oil, Hanjin Travel, Hanjin Express, H.Poin.

Baca Juga: Enrich, Program Loyalti Malaysia Airlines yang Wajib Diketahui Traveler

Bonus Penerbangan

Sebagai anggota member Skypass, berhak mendapatkan bonus penerbangan berupa tiket hadiah hingga penerbangan keliling dunia secara gratis. Berikut ketentuan yang harus diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan bonus dari Skypass, di antaranya:

1. Tiket Hadiah

Tiket hadiah ini selalu diterbitkan melalui situs resmi Korean Air, aplikasi ponsel, dan kantor cabang. Biasanya tiket hadiah berupa kursi hadiah bonus dan bonus SkyTeam di banyak maskapai yang telah menjadi mitra.

  • Hadiah Mileage hanya tersedia bagi penerbangan yang dioperasikan oleh Korean Air dengan nomor penerbangan Korean Air. (Penerbangan kode bersama yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan lain mungkin dibatasi.)
  • Seluruh tiket hadiah dikenakan, serta penumpang bertanggung jawab atas, biaya tambahan yang dikenakan maskapai, pajak, dan biaya yang berlaku.
  • Tiket hadiah wajib digunakan berurutan. Jika tidak, tiket yang tidak dipakai tidak akan tersedia untuk boarding.
  • Transit dalam rute perjalanan tidak diizinkan—hanya memperbolehkan transit dalam kurun waktu 24 jam, antara tempat asal dan destinasi Namun demikian, satu kali transit diizinkan dalam masing-masing arah perjalanan, yang dimulai sebelum 1 Juli 2020.

2. Keliling Dunia

SKYPASS yang memberi Anda kesempatan untuk menikmati tur keliling dunia bersama Maskapai Penerbangan SkyTeam. Namun, perjalanannya wajib melalui Samudra Pasifik dan Atlantik, dan harus dalam 1 arah yang berkelanjutan, menuju timur atau barat. Syarat dan ketentuannya berupa mile yang diperlukan:

  • Ekonomi: 140.000 mile
  • Bisnis: 220.000 mile
  • Ekonomi + Bisnis: 220.000 mile

3. KAL Lounge

Mile yang Anda kumpulkan bisa Anda tukarkan dengan hadiah menggunakan layanan Lounge KAL. Untuk bisa menikmati bonus ini, anggota perlu menukarkan 4.000 mile untuk lounge internasional, 2.000 mile untuk lounge domestik Korea.

4. Hadiah Kelebihan Bagasi

Hadiah yang satu ini hanya tersedia pada penerbangan Korean Air saja. Bukan hanya bagasi umum saja, tapi hadiah kelebihan bagasi ini juga untuk peralatan olahraga atau hewan peliharaan. Berikut syarat dan ketentuannya:

  • Menurut Wilayah

bagasi

  • Hewan Peliharaan

bagasi hewan

Tingkatkan Miles, Nikmati Bonus Hadiahnya

Bagi Anda yang sudah bergabung menjadi anggota member, jangan lupa untuk terus meningkatkan mile yang dapat mendorong Anda untuk bisa menikmati layanan yang lebih eksklusif lagi. Selain itu, dengan miles yang semakin banyak juga membuat Anda berpeluang besar untuk mendapatkan hadiah penerbangan yang semakin menarik.

Baca Juga: Asia Miles: Cara Daftar Jadi Anggota, Kumpulkan dan Tukar Poinnya Biar Makin Untung

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA