Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Warga Gresik Terpincut Roti Canai Khas Bawean

Jumat 08 Nov 2019 08:48 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah

Roti canai khas Pulau Bawean di Jalan Sudarso Utara, Kawasan Pelabuhan Gresik, Jumat (8/11).

Roti canai khas Pulau Bawean di Jalan Sudarso Utara, Kawasan Pelabuhan Gresik, Jumat (8/11).

Foto: Muhyiddin/Republika
Kuah kari roti ini khusus didatangkan dari Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,  GRESIK -- roti canai khas Bawean menjadi salah satu kuliner yang sangat digandrungi warga Gresik. Bahkan, sebelum berkunjung ke Pulau Bawean, banyak wisatawan yang mampir ke roti canai yang terletak di kawasan Pelabuhan Gresik ini.

Baca Juga

Warga Gresik, Niko mengaku sudah lama kepincut dengan roti canai ini. Karena, menurut dia, roti canai ini bisa dinikmati dengan kuah tumis yang karinya didatangkan dari Malaysia. "Langganan tetap saya kalau di sini. Sekali coba ingin terus. Kuahnya ini yang enak banget," ujar Niko kepada Republika.co.id saat sarapan roti canai khas Bawean di Jalan Sudarso Utara, Gresik, Jumat (8/11) pagi.

Pemilik roti canai Khas Bawean, Putriful Olya tampak piawai meracik roti canai saat melayani para pelanggannya. Dia bisa membuat roti canai khas Bawean ini setelah belajar kepada Pak Bawi, warga Bawean yang sudah lama berjualan roti di Malaysia.

Menurut dia, roti canainya tersebut dibuat dari adonan tepung terigu, mentega, susu, garam dan gula. Kemudian, disajikan dengan kuah tumis khusus yang karinya didatangkan dari Malaysia.  "Alhamdulillah tiap harinya sekarang ada sekitar 250 canai yang terjual," ucap ibu yang biasa dipanggil Haji Put ini.

Haji Put memulai bisnisnya ini sejak 2017 lalu. Awalnya, kata dia, sebagian besar pembeli roti canai buatannya ini hanya orang-orang Bawean yang tinggal di Gresik. Namun, belakangan ini banyak warga Gresik yang mulai berdatangan mencicipi roti canai.

Setelah pelanggannya bertambah banyak, Haji Put kemudian mengajari seluruh anggota keluarganya untuk membuat roti canai khas Bawean ini. "Sekarang anak saya, mantu saya, dan ponakan saya sudah bisa semua membuat roti canai ini," kata Haji Put.

Selama dua tiga tahun ini, Haji Put pun menambah daftar menu roti canai yang dibuatnya. Untuk menu roti canai plus kuah, Haji Put menyediakan canai original, canai telor, dan canai tampal. Harga menu tersebut berkisar antar Rp 3.500 sampai Rp 5.000.

Selain itu, Haji Put juga menyediakan menu canai manis, yang terdiri atas canai boom, canai planta, canai milo, canai pisang, canai keju, canai pisang keju, canai meiseis, canai keju milo, dan canai tisu.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA