Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Edamame, Camilan Baik Bagi Penderita Diabetes

Jumat 08 Nov 2019 04:13 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari

Edamame

Edamame

Foto: Flickr
Edamame adalah camilan dengan indeks glikemik yang rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- diabetes tipe dua merupakan penyakit serius yang mempengaruhi kandungan gula darah dalam tubuh seseorang. Bila diabaikan, penyakit serius lainnya bakal timbul. Tapi ternyata ada camilan yang dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil

Konsumi makanan diet secara asal-asalan dikhawatirkan bisa meningkatkan gula darah. Bahkan bisa membuat seseorang yang sehat berpotensi menderita diabetes tipe dua. Sehingga dibutuhkan perubahan pola makan guna mempertahankan gula darah tetap stabil.

Penderita diabetes tipe dua disarankan memakanan makanan secara beragam. Termasuk beragam buah, sayur dan makanan berserat tinggi.

Baca Juga

Kemudian penderita diabetes tipe dua sebaiknya menghindari konsumsi gula, lemak dan garam berlebihan. Pola makan juga harus diikuti sehingga tak ada sarapan, makan siang dan makan malam terlewati.

Terlepas dari itu, ternyata ada camilan edamame yang mampu menjaga gula darah stabil. Edamame merupakan kacang-kacangan yang biasa ditemukan pada masakan Jepang. Biasanya edamame direbus atau dipanggang sehingga kulitnya dapat terlepas dengan mudah.

Edamame mengandung karbohidrat rendah, banyak protein dan lemak. Edamame punya indeks glikemik rendah sehingga baik bagi penderita diabetes.

Konsumsi protein dari 47 gram produk kedelai tiap hari bisa menurunkan level kolesterol hingga 9,3 persen. Termasuk menurunkan kolesterol buruk atau LDL hingga 12,9 persen.

Analisa lain menyebut studi menemukan konsumsi 50 gram protein kedelai per hari mengurangi level kolesterol LDL hingga tiga persen. Selain kaya protein, edamame juga tinggi serat, antioksidan dan vitamin K, dikutip dari Express UK.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA