Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Mudah Sakit di Musim Hujan? Coba Cara Ini

Kamis 07 Nov 2019 17:21 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Musim hujan (Ilustrasi)

Musim hujan (Ilustrasi)

Foto: Pixnio
Sejumlah penyakit kerap mudah menyerang saat musim hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang di banyak negara di dunia yang mengalami musim dingin perlu melakukan persiapan untuk menjaga kesehatan mereka. Tidak jarang di musim ini, flu dan pilek terjadi.

Padahal di musim dingin, begitu banyak aktivitas yang harus dilakukan sebelum menikmati hari-hari libur, khususnya menjelang pergantian tahun. Banyak orang yang memiliki pekerjaan lebih padat, bahkan beberapa harus lembur untuk menyelesaikan tugas-tugas sebelum tahun berganti.

Sebenarnya, menjaga kesehatan saat musim dingin bisa dimulai dengan hal kecil sehari-hari seperti mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Selain itu, dilansir Cnet, Kamis (7/11), ada beberapa tips agar Anda terhindar dari flu, pilek, dan penyakit lainnya yang rentan terjadi selama musim dingin.


Tidur
Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental setiap orang secara keseluruhan. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup, sistem kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik, sehingga menghindarkan Anda dari flu.

“Cara terbaik untuk menghindari sakit selama musim dingin adalah cukup tidur. Jika tidak demikian, hal itu menjadi alasan umum menagapa kita membuat tubuh sakit,” ujar Jaclyn Tolentino, seorang dokter di Parsley Health Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

 

photo
Tidur (Ilustrasi)


Konsumsi makanan sehat bergizi
Selain tidur yang cukup, Anda membutuhkan konsumsi makanan sehat yang bergizi. Pada akhir tahun, jenis makanan ini mungkin cukup sulit didapat karena Anda berada di musim liburan, di mana banyak makanan-makanan manis, serta jenis cemilan dengan kadar garam tinggi bertebaran.

Dengan konsumsi makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi seimbang, daya tahan tubuh terjaha dan Anda akan terhindar dari flu serta penyakit lainnya. Tolentino mengatakan sistem kekebalan tubuh manusia juga terletak di dalam usus, itulah sebabnya mengapa mengoptimalkan nutrisi penting untuk dilakukan.

“Tetap terhidrasi dan makan makanan sehat. Makan sayur-sayuran dan cobalah menghindari alkohol dan makanan tinggi gula," kata Tolentino .

Nutrisi penting yang direkomendasikan adalah vitamin C, asam lemak omega-3 dan vitamin E. Makanan yang kaya akan vitamin C termasuk sayuran hijau, jeruk, kembang kol dan kentang manis. Kemudian makanan yang kaya dengan omega-3 seperti salmon, biji rami, kacang kenari, dan biji chia. Makanan dengan vitamin E juga sebaiknya dikonsumsi seperti bit dan alpukat.

 

photo
Makanan Sehat (Ilustrasi)


Kelola stres
Ketika dihadapkan dengan tenggat waktu kerja akhir tahun, banyak orang yang merasa panik dan pada akhirnya stres. Padahal, stres akan sangat merugikan bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Karena itu, kelola tingkat stres Anda dengan baik. Beberapa hal yang dapat berguna dalam hal ini adalah berolahraga dan sauna. Kedua cara ini juga membantu meningkatkan sirkulasi tubuh, yang mampu mencegah berbagai penyakit termasuk flu. Beberapa aplikasi meditasi juga bisa dicoba agar dapat merasakan ketenangan.


Hindari alkohol
Tidak jarang saat dimulainya musim liburan, orang-orang memilih mengisi aktivitas denga cara yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi alkohol. Padahal, konsumsi alkohol dapat mempengaruhi tubuh untuk kemmpuan mencegah dan melawan penyakit.

Tolentino mengatakan alkohol sangat tidak bagus untuk kesehatan liver. Dalam hal ini, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi akan turun karena alkohol berkontribusi pada peningkatan detoksifikasi hati.

Alasan lain yang perlu diperhatikan adalah konsumsi alkohol dapat mengganggu ritme sirkadian Anda. Ini berarti kesulitan tidur dapat terjadi dan membuat tubuh semakin lemah dalam melawan penyakit, termasuk flu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA