Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

5 Kandungan Skincare yang tak Cocok untuk Kulit Sensitif

Sabtu 09 Nov 2019 11:08 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: nykaa.com

Foto: nykaa.com

Pemilik kulit sensitif  tak bisa sembarangan melakukan perawatan wajah.

Ceknricek.com - Pemilik kulit sensitif   tak bisa sembarangan melakukan perawatan wajah. Banyak hal perlu diperhatikan, mulai dari penggunaan skincare , kandungan pada produk serta waktu yang tepat untuk dipakai. 

Bila tak ingin kulit wajah jadi bermasalah, Anda tak boleh menyepelekan rangkaian perawatan skincare. Berikut lima kandungan yang harus dihindari pemiliki kulit sensitif dirangkum dari berbagai sumber. 

Skincare mengandung alkohol

Alkohol merupakan kandungan skincare pertama yang harus Anda hindari. Kandungan ini dapat mengeringkan kulit dan memengaruhi peremajaan. Biasanya, alkohol banyak terkandung pada toner dan krim wajah. Pemilik kulit sensitif akan menyebabkan iritasi kulit bahkan akan terasa gatal.

Skincare mengandung pewangi

Sekarang ini banyak produk skincare yang menggunakan fragrance atau pewangi. Kandungan ini akan membahayakan kulit Anda khususnya kulit sensitif. Pewangi biasanya mengandung bahan kimia dan dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih skincare yang keterangannya fragrance-free untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pada kulit.

Skincare mengandung sulfat

Kulit sensitif harus menghindari skincare yang mengandung sulfat. Biasanya, kandungan sulfat sering ditemukan pada produk perawatan jerawat. Produk yang mengandung sulfat bersifat mengeringkan dan menenangkan peradangan. Tapi jika kulit Anda sensitif, kandungan ini akan membuat kulit kehilangan minyak alami, sehingga membuat kulit jadi kering dan kemerahan.

Baca Juga: Tips Memilih Produk Rangkaian Skincare yang Aman 

Skincare dengan essential oil berlebihan

Penggunaan essential oil seperti pada tea tree, mint, citrus dan lavender oil digunakan secukupnya saja. Jika kandungan tea tree oil dalam produk skincare cukup banyak akan membuat kulit jadi kering hingga menyebabkan iritasi. Begitu juga dengan mint, citrus serta lavender oil yang dapat menyebabkan reaksi negatif pada kulit sensitif. 

Eksfoliator yang kasar

Jika Anda memiliki kulit sensitif, skincare dengan exfoliator yang terlalu abrasif dapat membuat kulit meradang. Namun, bukan berarti Anda harus meninggalkan perawatan pengelupasan kulit.

Anda bisa pilih exfoliator yang lebih lembut, sehingga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati tanpa iritasi. Anda bisa pilih exfoliator jenis asam laktat untuk kulit sensitif.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA