Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Hemat dan Praktis, Ini Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Keluarga 

Kamis 07 Nov 2019 13:23 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Asuransi kesehatan jadi hal penting untuk semua orang termasuk Anda dan keluarga.

Memiliki asuransi kesehatan tentu sudah menjadi hal penting yang sepatutnya dipikirkan oleh semua orang, termasuk Anda juga. Asuransi kesehatan akan melindungi Anda dari berbagai resiko kesehatan, yang pada dasarnya memang kerap membutuhkan biaya yang cukup besar.

Bukan setelah sakit, namun asuransi kesehatan ini seharusnya dimiliki sejak masih dalam kondisi sehat. Semakin cepat membeli polis asuransi kesehatan, maka akan semakin kecil juga premi yang harus dibayarkan. 

Bukan hanya untuk Anda saja, asuransi kesehatan ini juga dibutuhkan oleh seluruh anggota keluarga. Jika Anda sudah memiliki anak, maka memberikan perlindungan asuransi kesehatan sedini mungkin adalah keputusan yang tepat.

Anak-anak akan rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan, bahkan sejak mereka masih bayi sekalipun. Tidak perlu khawatir dengan premi yang tinggi, sebab saat ini Anda bisa mengakses layanan asuransi kesehatan keluarga yang sudah lebih mudah ditemukan.

 

Mengenal asuransi keluarga dan Sistem Kerjanya 

cermati.com /q_70/qax3mduyrtio3hpdlymo" alt="asuransi keluarga" width="627" height="376" />

Jika sudah berkeluarga dan memiliki anak, maka membeli polis asuransi keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat. Asuransi keluarga merupakan produk asuransi yang didesain khusus untuk memberikan perlindungan kepada seluruh anggota keluarga dalam satu polis sekaligus. Namun bukan hanya untuk pasangan dan anak-anak saja, Anda juga bisa berbagi polis asuransi ini dengan orangtua. 

Pada umumnya, asuransi keluarga dibuat untuk perlindungan terhadap 5 orang anggota keluarga. Program ini tentu sangat layak untuk dipertimbangkan, sebab Anda tidak lagi perlu mengurus beberapa polis asuransi yang berbeda untuk masing-masing anggota keluarga. Namun terkait dengan aturan penggunaanya, masing-masing perusahaan asuransi mungkin saja memiliki kebijakan berbeda terkait dengan layanan serta manfaat asuransi keluarga ini.

Pada dasarnya asuransi keluarga memang menggunakan satu polis untuk semua anggota keluarga. Namun besaran premi untuk masing-masing orang tentu akan berbeda, dan inilah yang membuat premi asuransi keluarga terbilang lebih murah, jika dibandingkan dengan premi asuransi perorangan. Saat ini, ada beberapa perusahaan asuransi ternama yang sudah menyediakan produk asuransi keluarga ini, sehingga bisa menemukan beberapa pilihan sebagai pertimbangan.  

Terkait dengan manfaat yang diberikan asuransi keluarga, Anda tidak perlu khawatir. Sebagaimana produk asuransi perorangan, asuransi keluarga ini juga akan memberikan manfaat perlindungan yang sama, seperti: layanan rawat inap, layanan Intensive Care Unit (ICU), dan juga layanan perawatan pasca rawat inap. Bukan hanya itu saja, beberapa perusahaan asuransi bahkan memberikan manfaat lebih dalam produk asuransi keluarga yang mereka miliki, seperti: layanan rawat jalan, poli gigi, dan bahkan untuk layanan persalinan. 

Sebagaimana produk asuransi lainnya, berbagai manfaat yang diberikan asuransi keluarga ini juga akan sangat beragam, tergantung pada kebijakan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Sebagian perusahaan di Indonesia juga sudah menyediakan layanan asuransi keluarga ini untuk para karyawannya. Di dalam prakteknya, proses klaim asuransi keluarga sama saja dengan pengajuan klaim asuransi perorangan, yakni dengan sistem cashless ataupun reimburse.

Baca Juga: Terkuak! Ini Risiko Asuransi Pendidikan Anak yang Jarang Diketahui

Keuntungan Menggunakan Asuransi Keluarga

asuransi keluarga

Sama dengan pembelian asuransi pada umumnya, Anda juga perlu memahami dengan baik apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi keluarga ini. Selain itu, pertimbangkan juga berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari produk yang satu ini. Hal ini penting, untuk memastikan dalam membeli produk yang tepat dengan manfaat yang paling maksimal. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan asuransi keluarga:

1. Praktis dan Menghemat Banyak Waktu

Asuransi keluarga memberikan satu polis yang sama untuk seluruh anggota keluarga, sehingga tidak lagi perlu mengurus beberapa polis asuransi. Hal ini tentu sangat praktis dan akan menghemat banyak waktu dan tenaga, sebab Anda hanya perlu mengurus satu polis saja.

2. Premi Terjangkau 

Di dalam asuransi keluarga, premi akan dibagi untuk semua orang yang menjadi tertanggung di dalamnya. Jumlah premi yang akan dibayarkan tentu jauh lebih hemat, jika dibandingkan dengan ketika membeli premi asuransi untuk perorangan. 

Selain itu, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan pengembalian sebagian premi ini di tahun tertentu, sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut. Kondisi seperti ini tentu akan semakin menguntungkan Anda. 

3. Hemat Biaya Administrasi

Bukan hanya premi yang lebih hemat, Anda juga bisa menghemat biaya administrasi sekaligus. Polis asuransi keluarga hanya satu untuk semua orang, sehingga bisa memangkas banyak biaya administrasi, jika dibandingkan dengan penggunaan asuransi perorangan, sebab biaya ini pada umumnya dikenakan untuk setiap polis.

4. Mendapatkan Lebih Banyak Manfaat

Jika dibandingkan dengan asuransi perorangan, asuransi keluarga akan memberikan lebih banyak manfaat bagi Anda. Selain nilai pertanggungan yang lebih besar untuk berbagai layanan kesehatan, asuransi keluarga ini juga akan mempermudah dalam  memberikan layanan kesehatan terbaik untuk seluruh anggota keluarga sekaligus.

Baca Juga: 3 Cara Tetap Gaya dan Hemat Ala Milenial

Satu polis untuk perlindungan terbaik seluruh anggota keluarga Anda

Asuransi keluarga menjadi salah satu produk asuransi yang patut dijadikan pilihan, jika sudah berumah tangga atau bahkan ingin memberikan perlindungan asuransi bagi orangtua Anda. Pilih produk yang paling tepat dan menguntungkan, agar polis asuransi keluarga ini bisa memberikan manfaat maksimal untuk seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: Jasa Raharja, Kenali Profil Badan Usaha Milik Negara di Bidang Asuransi Sosial Ini

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA