Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Tip Menyajikan Kopi yang Nikmat dalam Tumbler

Rabu 06 Nov 2019 18:22 WIB

Rep: Gumanti Alawiyah/ Red: Reiny Dwinanda

(Ka-ki) Owner Janji Jiwa Billy Kurniawan, Public Relation Lock&Lock; Indonesia Astini Asputri, Business Merchant Partnership Senior Lead Traveloka Rizki Widyastuti, dalam acara launching tumbler Lock&Lock; di Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

(Ka-ki) Owner Janji Jiwa Billy Kurniawan, Public Relation Lock&Lock; Indonesia Astini Asputri, Business Merchant Partnership Senior Lead Traveloka Rizki Widyastuti, dalam acara launching tumbler Lock&Lock; di Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Tinggalkan gelas plastik, penikmat kopi bisa bawa minumannya dengan tumbler.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum kopi sepertinya telah menjadi rutinitas harian masyarakat urban. Di sela padatnya aktivitas, konsep kopi grab to go banyak ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban akan segelas kopi.

Sayangnya, meski praktis, wadah kopi yang digunakan kedai kopi berkonsep grab to go umumnya adalah gelas kertas dan plastik sekali pakai yang tidak ramah lingkungan. Sebagai alternatif, mengapa tidak coba bawa tumbler sebagai wadah kopi?

Ingin mencoba menyeduh kopi di dalam tumbler agar tetap nikmat seharian? Barista Janji Jiwa, Andhika Putra, memberikan tip sederhana dalam membuat kopi untuk dikonsumsi melalui tumbler.

1. Perhatikan rasio
Untuk menghasilkan cita rasa kopi yang atentik dan klasik, penting untuk memerhatikan rasio kopi. Idealnya rasio kopi itu 1 berbanding 15, artinya 1 biji kopi memakai 15 mili air. Nah, untuk membuat kopi dalam tumbler, coba gunakan 15 biji kopi dengan 225 mili air.

2. Suhu air
Menurut Andhika, suhu air yang ideal untuk menyeduh kopi adalah 90 hingga 92 derajat celcius. Usahakan, kata Andhika, suhu panas air tidak melebihi itu.

"Kenapa suhunya tidak boleh melebihi itu? Karena kopi sudah matang saat di roasting, apalagi sekarang kan kebanyakan roasting menggunakan mesin hot air, sehingga kopi sudah mateng sampai ke dalem-dalemnya," kata Andhika dalam acara launching tumbler Lock&Lock di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Selain itu, lama penyeduhan juga tidak boleh lebih dari 2 menit. Itu dinilai penting, untuk menghasilkan citarasa kopi yang lebih kompleks dan tidak terlalu pahit.

3. Tumbler yang berkualitas
Salah satu faktor penting untuk membuat citarasa kopi yang autentik dalam tumbler adalah kualitas tumbler-nya. Jadi, pastikan tumbler yang digunakan adalah yang bisa menahan panas ataupun dingin dalam jangka waktu lama.

"Tumbler yang berkualitas akan mempertahankan citarasa kopi tetap nikmat, meski disimpan berjam-jam dalam tumbler," jelas dia.

4. Ingin kopi kekinian?
Jika ingin membuat kopi kekinian, sediakan kira-kira 40 gram kopi bubuk atau sekitar tiga sendok teh, 100 ml air panas, 100 ml susu full cream, 30 gram gula aren, creamer, dan es batu sesuai selera.

Pertama, masukkan gula aren ke dalam tumbler, lalu creamer, susu full cream, dan kopi yang telah diseduh. Terakhir masukkan es batu dan kocok-kocok tumblernya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA