Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Pisang, Buah Andalan Cegah Strok dan Serangan Jantung

Rabu 06 Nov 2019 16:25 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Buah pisang.

Buah pisang.

Foto: Pixabay
Kalium buah pisang cegah gangguan aliran darah jantung ke otak, otot, dan organ.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga dan tidur yang teratur menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh banyak orang saat ini. Kedua hal itu menjadi kunci utama dari hidup sehat, yang menghindarkan Anda dari berbagai penyakit dan masalah lainnya.

Anda mungkin sering mendengar adanya jenis buah-buahan yang memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah yang bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan strok, penyakit yang tentu ingin dihindari semua orang.

Makanan bisa mempengaruhi kesehatan secara luas. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa salah satu jenis buah yang ternyata memiliki manfaat sangat bagus untuk kesehatan adalah pisang .

Buah berwarna kuning itu dikenal kaya dengan kalium. Para peneliti di University of Alabama, Amerika Serikat (AS), juga menemukan fakta bahwa makan pisang setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung dan strok.

Dalam studi yang bertujuan untuk menentukan bagaimana kalium mineral mempengaruhi aliran darah dan kesehatan arteri, para peneliti memeriksa tikus yang menerima makanan dengan kalium rendah, normal, atau tinggi. Secara keseluruhan, tikus yang diberi diet rendah kalium memiliki arteri lebih sempit dibanding lainnya.

Sementara, tikus menerima kadar kalium tinggi menunjukkan pengerasan arteri yang secara signifikan lebih sedikit dan mengurangi kekakuan pada bagian aorta mereka. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya juga menunjukkan diet kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

“Satu analisis yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology pads 2011, termasuk data dari 11 studi dan 250.000 orang. Studi ini melaporkan bahwa peningkatan rata-rata 1540 mg diet kalium per hari dikaitkan dengan penurunan risiko strok 21 persen,” ujar Ragavendra Baliga, seorang dokter ahli jantung di Ohio State University Wexner Medical Center.

Studi dari Universitas Alabama adalah yang pertama melihat dampak mineral pada kesehatan arteri. Michelle Routhenstein, seprang ahli diet kardiologi preventif mengatakan mendapatkan cukup potasium membantu menjaga detak jantung yang sehat,

“Ketika kurang kalium, aritmia jantung dapat terjadi dan berpotensi mengganggu aliran darah ke otak, otot, dan organ," ujar Routhenstein.

Meski demikian, masih banyak penelitian yang perlu dilakukan dan pisang bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan kalium. Para peneliti perlu melihat lebih jelas dampak kepada orang-orang karena mereka belum dapat mengatakan bahwa sebuah makanan akan mampu mencegah penyakit kardiovaskular.

Makanan yang dikenal mengandung kalium tinggi selain pisang adalah ubi jalar, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun gelap.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA