Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Kopi Jahe Ampuh Atasi Pilek dan Flu

Senin 04 Nov 2019 12:43 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Jahe

Jahe

Foto: Pixabay
Ramuan kopi jahe asal India dikenal ampuh sejak lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pilek dan flu memang sangat mengganggu. Anda merasa tidak nyaman dan bisa menularkannya pada orang lain. Warga India sudah lama mengenal kopi jahe sebagai ramuan mengatasi pilek dan flu.

Seperti dilansir dari laman Indian Express, manfaat jahe segar sudah dikenal, begitu juga jahe kering atau bubuk jahe kering dikenal sama efektifnya. Selain itu Anda juga dapat menambahkan jahe ini pada kopi.

Kopi jahe kering atau chukku kaapi atau sukku kaapi adalah minuman penting di selatan India yang tidak hanya membuat minuman aromatik tapi juga dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dibuat dengan menyeduh jahe kering dengan bubuk kopi, ramuan herbal ini sering dibuat di banyak bagian Kerala dan Tamil Nadu. Yaitu sebagai obat rumah untuk pilek, batuk dan pencernaan.

Untuk meningkatkan efektivitasnya, bisanya  minuman ditambahkan dengan lada hitam, biji jintan dan basil. Aroma minuman pedas dan manis ini diyakini bisa membuka sumbatan hidung dan memberikan bantuan instan dari infeksi tenggorokan dan bahkan demam juga.

Jahe kering memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Selama musim dingin dan cuaca hujan, diketahui menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah masuk angin dan flu.

Selain itu jahe juga meredakan gangguan pencernaan. Jahe diketahui efektif dalam menghilangkan gas di usus dan membantu mengendurkan saluran.

Jahe membantu menghilangkan racun dan sumbatan tubuh, mengurangi panas atau asam di perut serta membantu meningkatkan iritasi kulit atau ruam. Namun, disarankan untuk tidak meminumnya lebih dari dua kali atau tiga kali sehari, karena jahe kering dapat menyebabkan iritasi tenggorokan (atau) sensasi terbakar di tenggorokan.

Cara membuatnya cukup mudah. Rebus air secukupnya dalam panci. Setelah itu masukkan jahe bubuk, jinatn, bubuk kopi, dan lada hitam.

Didihkan selama sekitar lima menit untuk membuat minuman merata dan efektif. Sekarang tambahkan daun Tulsi atau basil dan biarkan campuran mendidih selama dua menit.

Setelah selesai tambahkan bubuk kapulaga, sedikit garam dan matikan api. Minuman ini paling baik dikonsumsi pada pagi dan malam hari.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA