Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Cara yang Disarankan untuk Mengolah Telur Asin

Senin 04 Nov 2019 14:30 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Rebusan Telur (Ilustrasi)

Rebusan Telur (Ilustrasi)

Foto: Flickr
Telur asin bisa dicampur ke dalam ramen hingga minuman teh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak makanan yang mengkombinasikan telur sebagai pelengkap, seperti ramen, bahkan minuman pun bisa disajikan dengan telur seperti teh telur. Tak sedikit yang menyukainya, karena sensasi rasa dan manfaat yang didapatkan, serta vitamin dan milneral yang baik untuk tubuh.

Dilansir Southern Living, Senin (4/11), ada cara yang disarankan dalam mengolah telur sebelum disajikan dalam beberapa hidangan makanan maupun minuman. Seperti untuk telur ramen dan teh telur Cina, telur yang diasinkan bisa menjadi andalan.

Pertama-tama, mulailah dengan merebus telur hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Telur rebus yang lunak biasanya memakan waktu hingga enam sampai delapan menit, meski Anda mungkin memerlukan beberapa menit tambahan jika merebus empat telur secara bersamaan. Saat memasak, siapkan air es untuk merendam telur, membantunya mengipas cangkang dengan sangat halus dan bersih.

Jangan lupa, Anda harus segera memasukkan telur ke air rendaman yang dingin untuk membantu membran telur terpisah dari cangkang dan mempercepat proses pengelupasan. Jika merasa tertantang untuk mengupas telur rebus lunak dengan sempurna, mungkin lebih mudah untuk mengupas cangkang telur di bawah air mengalir. Namun, jika kulit cangkang terkelupas tidak sempurna, jangan khawatir, bahkan meski terlihat sedikit berantakan karena rasanya pasti tetap enak.

Anda juga dapat merendamnya setelah mengetuk telur untuk dipecahkan, atau telah retak, bahkan telah dikupas. Pertama, masukkan telur ke dalam dua wadah Tupperware atau Anda juga dapat menggunakan kantong Ziploc berukuran quart.

Baca Juga

 

photo
Ramen isi telur (Ilustrasi)


Untuk rendaman telur ramen, masukkan tiga hingga enam sendok makan kecap ke dalam wadah, lalu tambahkan air dua kali lebih banyak dari kecap. Anda juga menambahkan beberapa sendok cuka, atau sari apel sedikit karena ini sudah asam.

Anda juga bisa memasukkan jahe, bawang putih, atau aromatik lainnya yang cocok dengan ramen. Tutup wadah pengasinan Anda dan letakkan telur di lemari es selama setidaknya empat jam. Jika telah direbus, telur dapat diasinkan dengan aman hingga empar hari, bahkan, proses pengasinan yang lebih lama memungkinkan sensasi rasa yang lebih gurih.

Untuk teh telur, buatlah menggunakan jenis teh apapun yang disukai atau Anda miliki, misalnya teh hitam. Saat teh sedang diseduh, jangan ragu untuk menambahkan lima rempah Cina, sebatang kayu manis, daun salam, jahe, atau kombinasi dari semuanya.

Setelah teh selesai diseduh, keluarkan kantong teh dan tuangkan cairan ke dalam wadah Tupperware. Pastikan saat akan merendam, seluruh telur sudah tertutup dan kemudian telur terendam sepenuhnya. Telur untuk teh membutuhkan setidaknya waktu selama empat jam di lemari es.

Telur yang diasinkan mungkin tidak menjadi topping paling umum dalam ramen, khususnya di Amerika Serikat (AS). Tetapi, begitu mencobanya, Anda pasti ingin menyimpan beberapa potongan telur asin yang lezat ini di lemari es, untuk siap disantap setiap saat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA