Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Generasi Z Perlu Bimbingan Agar Teknologi Jadi Bermanfaat

Selasa 05 Nov 2019 11:29 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Generasi Z Indonesia kurang mendapatkan wadah untuk mengasah bakatnya.

CEKNRICEK.COM -- Psikolog anak dan Remaja, Vera Itabiliana, menyebutkan kemajuan teknologi digital menjadi tantangan mengembangkan bakat generasi z . Di sisi lain, teknologi digital sebenarnya bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan bakat anak.

''Oleh karena itu, lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam mengembangkan bakat mereka dan menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata,'' ujar Vera di Lotte Shopping Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

 

Generasi Z saat ini dihadapkan pada banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi. Dan, mereka membutuhkan arahan orang terdekat dalam mengasah bakatnya.

''Namun sayangnya, Generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakat mereka,'' kata Direktur Pemasaran Erlangga, Arief Subahagiyo, dalam kesempatan yang sama.

Situasi tersebut yang mendorong Erlangga beberapa waktu lalu menggelar Erlangga Talent Week 2019 (ETW). Yakni, acara perlombaan, unjuk bakat, kreativitas, dan hiburan. Acara juga dilengkapi dengan pameran buku pendidikan, referensi belajar atau literasi bagi siswa, guru, orang tua, dan masyarakat umum. 

 

 

Baca Juga: Hi-5 Ajak Anak-anak Indonesia Untuk Jadi "Pahlawan"

''Dengan mengikuti event ETW, anak secara tidak langsung terlatih untuk disiplin, fokus, dan konsentrasi,'' kata Arief. ''Generasi Z juga dapat melatih mental dan belajar, fokus pada tujuan serta konsistensi.''

''Dan, yang terpenting melalui lomba itu generasi Z bisa fokus dalam mengembangkan minat mereka dan memotivasi diri sendiri,'' katanya.

Ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam ETW 2019, antara lain, Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi. Peserta lomba berasal dari setiap pelosok Indonesia sehingga anak-anak generasi Z dapat membudayakan semangat bersaing positif dan sportivitas dalam menerapkan dan mengembangkan keterampilan.

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA