Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Kenapa Cokelat Indonesia Enak? Ini Alasannya

Selasa 29 Oct 2019 15:31 WIB

Rep: MGROL01/ Red: Nora Azizah

Cokelat batang (Ilustrasi)

Cokelat batang (Ilustrasi)

Foto: Needpix
Tanaman kakao yang tumbuh di Indonesia lebih unggul dibandingkan negara lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menjadi 'surga' kopi, Indonesia juga memiliki hasil cokelat yang melimpah. Tak hanya tumbuh subur, tanaman kakao Indonesia juga diklaim lebih unggul dari negara lain.

Head of Cocoa Life South East Asia Andi Sitti Asmayanti mengatakan, tanaman kakao yang tumbuh di Indonesia disebut memiliki keunggulan dari segi titik didih. Cokelat Indonesia memiliki titik didih yang lebih tinggi dari negara lain.

"Kakao Indonesia sendiri itu memiliki keunggulan titik didih yang tinggi. Pada saat dimakan, diproses, itu akan melting lebih cepat," ujar Yanti dalam acara peringatan 5 tahun Cocoa Life di Agro Plaza, Kuningan, Jakarta, Senin (28/10).

Baca Juga

Yanti mengungkapkan, hanya saja pertumbuhan tanaman Kakao di Indonesia pada saat ini mengalami penurunan yang sangat besar. Ada beberapa faktor yang membuatnya demikian, di antaranya minimnya pengetahuan dan edukasi para petani kakao, pohon yang sudah mulai menua, dan adanya perubahan iklim yang menyebabkan hama dan penyakit dapat bermutasi lebih jauh.

Kemudian, lanjut Yanti, produksi panen yang seharusnya bisa mencapai 2,5 ton per hektare, beberapa tahun ini sampai saat ini belum bisa tercapai sepenuhnya. Saat ini, panen kakao hanya bisa mencapai 1,5 ton per hektare.

Menurut Yanti, edukasi kepada para petani kakao bisa menjadi langkah yang tepat untuk mempertahankan kualitas cokelat Indonesia. Pemahaman dan cara mengelola kebun kakao perlu dikembangkan sebagai investasi jangka panjang.

"Kemudian petaninya tahu cara budi daya kakao yang benar, peremajaan kakao yang benar seperti itu," lanjut Yanti.

Dengan memberikan edukasi kepada para petani maka potensi besar dari kakao terus berkembang di dalam negeri. Pengelolaan kebun kakao yang telah dikembangkan tentunya akan berdampak positif bagi para petani.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA