Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Festival Karnaval Angso Duo Isi Akhir Pekan di Jambi

Ahad 27 Oct 2019 14:31 WIB

Red: Agung Sasongko

kota Jambi

kota Jambi

Foto: ACT
Festival Karnaval Angso Duo berlangsung di Kawasan Tugu Keris, Jambi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- festival karnaval angso duo yang merupakan puncak kegiatan Festival Angso Duo 2019 memeriahkan malam panjang di kota jambi yang dipusatkan di Kawasan Tugu Keris, Sabtu (26/10) malam.

Kawasan Tugu Keris yang berlokasi di dekat Kantor Wali Kota Jambi tepatnya di Kota Baru Kota Jambi tersebut merupakan salah satu ikon dan destinasi wisata di kota itu.

Ribuan warga memadati kawasan yang dipenuhi lampu meteor warna-warni itu untuk menyaksikan karnaval yang menampilkan seni budaya di kota berjuluk "Tanai Pilih Pusako Batuah" itu.

Lebih kurang 50 barisan peserta karnaval dari berbagai kalangan mulai dari pelajar SMP, SMA, perwakilan kecamataan dan berbagai komunitas menampilkan kreasi seni budaya mereka. Selain itu ikut pula peserta dari luar kota Jambi, salah satunya perwakilan dari Provinsi Riau .

Kegiatan yang dihadiri oleh Wali Kota Jambi H Syarif Fasha, Wawako H Maulana, Forkopimda serta komunitas di Kota Jambi tersebut berlangsung hingga malam hari.

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha mengatakan acara itu merupakan acara untuk hal-hal yang positif baik dibidang kesenian dan kebudayan, dan untuk mengibur masyarakat Kota Jambi.

Fasha juga menjelaskan tujuan dari diadakannya acara tersebut yaitu untuk menumbuh kembangkan potensi dan kreasi di setiap kecamatan di Kota Jambi.

"Tujuan dari acara ini yang pertama untuk menumbuhkembangkan masing-masing kecamatan di Kota Jambi ini untuk hal-hal yang positif baik di bidang kesenian dan kebudayaan. Setelah itu juga hal ini menjadi suatu tradisi untuk menghibur masyarakat Kota Jambi."

Ia menyebutkam, kegiatan itu sangat bermanfaat dan menghibur masyarakat di Kota Jambi. Menurut wali kota, ke depan akan menjadi salah satu destinasi wisata yang tergabung dalam "Wonderfull Indonesia".

Wali Kota juga memberikan apresiasi kepada peserta yang meraih prestasi yang telah ditentukan oleh panitia atau juri sebagai pemenang untuk kembali membuat sesuatu dan berlatih kembali sehingga tahun depan bisa mempertahankan perstasi ini.

"Ini ajang apresiasi seni dan budaya serta kriya semua lapisan di Kota Jambi, selamat bagi yang meraih hasil terbaik, dan kepada yang lainnya agar terus berkarya dan berprestasi," kata Fasha.

Sementara itu salah seorang warga yang menonton kegiatan itu menyebutkan Festival Angso Duo merupakan bagian dari edukasi dan pewarisan seni budaya di Jambi, sehingga diharapkan ke depan terus ditingkatkan lagi dengan berbagai potensi lainnya.

"Festival Angso Duo harus selain menghibur, juga harus memberikan sesuatu yang berbeda setiap tahunnya. Jadikan ajang ini sebagai pewarisan budaya kepada generasi muda," kata Miftah, salah seorang pendidik di kota itu

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA