Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Alasan tidak Boleh Menambahkan Gula pada Kopi

Ahad 27 Okt 2019 11:06 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Segelas Kopi (Ilustrasi)

Segelas Kopi (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Rata-rata, seseorang menambahkan tiga sendok gula ke dalam secangkir kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi banyak orang, meminum kopi di pagi hari adalah rutinitas wajib setiap hari. Kopi memang menjadi salah satu minuman yang sehat untuk diminum pada pagi hari, karena kandungan yang ada di dalamnya seperti serat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, hingga adanya zat yang dapat membantu mencegah penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Namun, tidak selalu secangkir kopi di pagi hari baik untuk Anda. Bahkan, seluruh manfaat yang ada dalam minuman ini bisa hilang, apabila ada tambahan-tambahan yang membuatnya demikian.

Dilansir She Finds, Ahad (27/10), salah satu tambahan dalam kopi yang tidak disarankan agar bisa mendapatkan manfaat kopi di pagi hari adalah gula. Secara tidak sadari, gula ternyata berpengaruh buruk saat dimasukkan ke dalam kopi, mulai dari merusak metabolisme, menyebabkan peradangan, dan meningkatkan gula darah hanya dalam beberapa jam.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kopi rata-rata menambahkan tiga sendok gula ke dalam setiap cangkir kopi mereka. Jumlah ini sangat jauh dari batas yang disarankan.

Menurut American Heart Association, perempuan secara ideal perlu mengkonsumsi enam sendok gula tambahan setiap harinya. Sementara, bagi pria jumlah yang disarankan tidak lebih dari sembilan sendok teh gula per hari.

Karenanya, dengan jumlah rata-rata yang ditunjukkan dalam peneltiian, seseorang nampaknya melebihi setengah ke batas asupan gula yang disarankan, hanya dengan mengkonsumsi secangkir kopi. Bahkan, Anda bisa mencapai batas hanya dengan dua cangkir kopi.

Sebaiknya, hindari gula tambahan sepenuhnya dalam secangkir kopi di pagi hari untuk menghindari potensi kelebihan itu. Jika Anda bukan penggemar kopi hitam, terdapat beberapa cara lainnya yang bisa membuat minuman ini lebih nikmat saat dikonsumsi.

Salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa sendok susu rendah lemak. Selain itu, Anda dapat mencoba menambahkan kayu manis atau cokelat hitam ke dalam kopi untuk mendapatkan rasa manis yang tidak berbahaya untuk kesehatan, bahkan sebaliknya bisa menyehatkan karena kandungan manfaat di dalam dua bahan itu.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA