Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Ingin Liburan ke Kirgiztan? Ini Dia Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Berangkat

Ahad 27 Okt 2019 09:41 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Menu kuliner khas Kirgiztan yang wajib dicoba adalah Shaslik, sate khas Kirgiztan.

Negara di benua Asia saat ini tengah menjadi sorotan publik khususnya bagi traveller. Hal tersebut dikarenakan kebudayaan yang masih kental dipadukan dengan lanskap alam yang memukau membuat setiap orang ingin datang ke Asia. 

Salah satu Negara di Asia yang memiliki pemandangan alam cukup cantik adalah kirgiztan . Secara geografis, Negara ini berbatasan dengan Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan dan Tiongkok. Tak heran jika Negara ini memiliki banyak akulturasi antara timur tengah dengan kebudayaan Asia. 

Tertarik untuk datang ke Kirgiztan? berikut beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum datang ke negeri yang terkenal dengan pola hidup nomadennya ini versi cermati.com :  

 

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Kirgiztan : 

Kirgiztan sendiri adalah Negara yang dikelilingi dengan dataran tinggi. Tak heran jika Negara ini terkadang memiliki musim salju dan membuat beberapa tempat tak dapat diakses.

Untuk menyiasatinya, cobalah datang ke Negara ini antara bulan Juli hingga Agustus. Bulan tersebut bertepatan dengan musim panas dengan suhu udara berkisar antara 17 derajat celcius pada siang hari dan 9 derajat celcius pada malam hari. 

Penginapan : Apple Hostel, Bishkek.

hostel

Sebagai Negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, membuat fasilitas wisatawan pun cukup banyak, tak terkecuali dengan penginapan. Penginapan yang terletak di jantung ibu kota sangat disarankan agar mudah dalam mengakses sudut-sudut ibukota dimana jenis penginapan yang tersedia cukup banyak baik dormitory maupun private room

Salah satu hotel yang  dapat Anda coba di area ibu kota Kirgiztan, Bishkek yakni Apple Hostel. Untuk menginap di hostel ini, satu kamar private room di banderol seharga Rp 470.000 per malam sudah termasuk dengan sarapan. 

Semua staf di hostel ini menurut beberapa literatur memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Selain melayani penginapan, hotel ini juga memiliki day trip yang dapat dicoba dengan menawarkan harga yang terbilang terjangkau. 

Selain menawarkan fasilitas yang cukup memadai, di dekat hostel ini juga tersedia makanan yang cukup lezat. Letaknya berada di belakang terminal bus dan Anda pun dapat berjalan kaki dari Osh Bazaar yang merupakan pusat souvenir di Bishkek.

Baca Juga: Hotel Kapsul Futuristik dengan Lokasi Super Strategis

Belanja Oleh-Oleh di Osh Bazaar, Bishkek

osh bazaar

Berkunjung ke Negara di Asia tak lengkap jika Kita tidak membaur denga masyarakat lantaran kebudayaan mereka masih cukup kental. Untuk dapat merasakan vibes liburan di Kirgiztan, cobalah berkunjung ke Osh Bazaar. Disini Anda dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh khas kirgiztan seprti madu, teh dengan kualitas nomor satu, hingga topi khas Kirgiztan. 

Untuk yang berniat membeli barang dengan harga yang miring di pasar ini, cobalah membeli dalam jumlah yang banyak, salah satunya dengan cara mengajak teman untuk ikut berbelanja. Setelah itu tawarlah harga keseluruhan dengan menggunakan kalkulator untuk menunjukkan harga yang ditawar.  

Untuk yang ingin berbelanja di pasar ini, Anda bisa menggunakan shared taxi dengan penumpang minimal 4 orang. Jika ingin mendapatkan harga tiket transportasi yang lebih murah, bisa menggunakan bus kota, namun kekurangan dari bus kota adalah baru akan berangkat apabila sudah penuh. 

Jika memiliki uang lebih, Anda bisa menyewa mobil yang bisa dipergunakan seharian penuh untuk berkeliling menikmati atraksi wisata di Kirgiztan. 

Wisata Kuliner di Navad, Bishkek

laghman

Selain berbelanja barang-barang khas kirgiztan, Anda juga bisa berwisata kuliner. Destinasi wisata kuliner yang wajib dicoba adalah Restaurant Navad yang terletak di Bishkek. Restaurant ini menawarkan range harga antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000 untuk makan bertiga. 

Menu kuliner khas Kirgiztan yang wajib dicoba adalah Shaslik yang merupakan sate khas Kirgiztan dan Laghman yang berisi mie dicampur dengan daging kambing. Sebagian besar kuliner khas Kirgiztan adalah didominasi dengan daging kambing. 

Jika tidak menyukai daging kambing, bisa menanyakan terlebih dahulu dengan pelayan di restaurant dengan cara menunjukkan foto kambing, ayam atau ikan.

Baca Juga: Ada Rencana Liburan di Malang, Jangan Lupa Mampir ke 8 Destinasi Wisata Alam ini

Tips Saat Mengunjungi Kirgiztan

Selain mengenal destinasi wista di Kirgiztan, tak lengkap jika Kita tak mengenal beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi Kirgiztan. Berikut selengkapnya : 

  1. Saat mengunjungi Kirgiztan, pastikan membawa pakaian yang tebal lantaran hawa dingin di Negara ini cukup membuat tulang-tulang ngilu, terlebih untuk yang hendak melakukan aktivitas outdoor. 
  2. Untuk Warga Negara Indonesia (WNI) saat ini masih tetap membutuhkan visa untuk masuk ke Kirgiztan dengan sistem apply menggunakan e-visa atau Visa on Arrival (VoA) dengan membayar seharga US$50.
  3. Jika persediaan uang semakin menipis, cobalah untuk menarik uang di ATM. Hal tersebut dikarenakan kurs dollar di money changer Kirgiztan tidak begitu bagus. 
  4. Biaya hidup di kirgiztan sendiri cukup terjangkau yakni hanya berkisar US$60 perharinya untuk satu orang sudah termasuk dengan penginapan, makan hingga transportasi. 

Selalu Hormati Kebudayaan Negara Lain

Pastikan uang yang dibawa mencukupi selama berada di negara ini dan tetap hormati kebudayaannya. Bawalah uang secukupnya serta pergunakan pakaian dengan sopan dan tidak menggunakan aksesoris berlebihan untuk menghindari tindak kriminalitas selama bepergian. Ingat bahwa kebudayaan dan lingkungan masyarakat di sana berbeda dengan Indonesia. Jadi selalu persiapkan diri dan jaga tata krama selama ada di negara orang.

Baca Juga: Biar Makin Kece, ini 4 Cara Simple Bikin Foto Liburan Terlihat Aesthetic

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA