Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

5 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Kamis 24 Oct 2019 01:28 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Mengurangi konsumsi kalori adalah langkah awal untuk menurunkan berat badan.

Ceknricek.com -- Kardio diyakini sebagai salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan . Namun, bila tak suka kardio, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang sama.

Menurut personal trainer, Sam Altieri, seperti dirilis situs Balance with Sam, berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan.

Mengurangi Makanan Berkalori
Asupan kalori untuk manusia dewasa biasanya hanya 1.500-1.800 kalori. Namun, tanpa disadari Anda seringkali mengonsumsi makanan dengan total 2.000-3.000 kalori. Maka, mengurangi konsumsi kalori adalah langkah awal untuk menurunkan berat badan

Mencari Tahu Defisit Kalori
Mencari tahu defisit kalori yang sesuai akan membingungkan di awal-awal Anda mencobanya. Jadi pantau asupan kalori Anda selama dua hingga tiga minggu. Jika Anda tidak melihat perubahan, turunkan lima persen kalori tersebut. Sebagai rujukan, Anda bisa menggunakan aplikasi MyFitnessPal untuk menghitung jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Konsumsi Protein yang Cukup
Bila Anda sudah mengurangi kalori, bukan berarti Anda harus memotong asupan protein. Menurut Sam, konsumsi protein penting untuk mempertahankan massa otot saat Anda ber diet , sehingga tubuh Anda kencang dan tidak berubah menjadi skinny fat. Selain itu, protein juga berguna untuk memulihkan diri dari olahraga yang Anda lakukan.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Dandelion Untuk Tulang Hingga Lever

Latihan Angkat Beban
Selain latihan kardio, ada latihan anaerobic yang sering disebut latihan beban. Jika tak suka kardio, setidaknya Anda harus melakukan bentuk latihan lain yaitu latihan kekuatan.

Angkat beban bisa menjadi pilihan, yang membuat tubuh terlihat kencang. Lakukanlah latihan ini 2-5 kali dalam seminggu.

Gerakkan Tubuh 
Jika berolahraga seminggu sekali itu seharusnya bukan satu-satunya saat Anda berolahraga. Gerakkan tubuh Anda sepanjang hari, entah berjalan saat ke kantor, naik tangga atau tanpa naik lift, melakukan sesi peregangan sore selama lima menit, hingga jalan kaki ke supermarket bila dekat dengan rumah Anda. Cara ini juga dipercaya mampu menurunkan berat badan.

10 Ribu Langkah per Hari
Ini adalah cara lain untuk membuat Anda bergerak lebih banyak sepanjang hari. Menurut Sam, usahakan untuk 10 ribu langkah per hari.

Bila cara ini dilakukan secara teratur, keinginan Anda untuk berjalan akan semakin meningkat sehingga membuat tubuh jadi sering bergerak.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA