Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Polusi Udara Picu Seseorang Terkena Serangan Jantung

Rabu 23 Oct 2019 20:10 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nora Azizah

Serangan jantung

Serangan jantung

Foto: ilustrasi
Polusi udara juga memicu stroke dan asma akut.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah penelitian menunjukkan, polusi udara yang lebih tinggi di Inggris memicu ratusan serangan jantung, stroke, dan serangan asma akut setiap tahun. Penelitian ini dilakukan oleh tim di King's College London, melihat data dari London, Birmingham, Bristol, Derby, Liverpool, Manchester, Nottingham, Oxford, dan Southampton.

Tim menghitung hari-hari dengan tingkat polusi udara di atas rata-rata. Hal tersebut ternyata mempengaruhi peningkatan serangan jantung selama setahun. Bos NHS Inggris, Simon Stevens mengatakan hal tersebut adalah bukti darurat kesehatan.

Peningkatan tersebut didasarkan pada data panggilan ambulans. Tidak termasuk serangan jantung yang diderita oleh pasien yang sudah dirawat di rumah sakit.

Pada hari-hari dengan tingkat polusi tinggi, di sembilan kota, tim peneliti menghitung akan ada total 231 tambahan rawat inap untuk stroke. Angka tersebut juga ditambah dengan 193 anak dan dewasa yang dirawat ke rumah sakit karena asma.

Peneliti dari King's College London, Heather Walton mengatakan, kebijakan pengurangan polusi udara terkonsentrasi pada efek yang terkait dengan harapan hidup.

"Namun, studi kesehatan menunjukkan hubungan yang jelas dengan efek kesehatan yang lebih luas," kata dia, dikutip BBC, Rabu (23/10).

Di London, pada saat tercatat polusi udara tinggi maka akan terlihat tambahan 87 serangan jantung per tahun, 144 stroke, dan 74 anak-anak serta 33 orang dewasa dirawat di rumah sakit dengan masalah pernapasan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA