Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Tanda-Tanda Ketika Tubuh Mengalami Penuaan Dini

Selasa 22 Oct 2019 01:42 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Biasanya tanda-tanda penuaan kulit muncul setelah usia 25 tahun.

Ceknricek.com -- Usia biologis memang memiliki pengaruh besar pada penampilan. Namun, dalam beberapa kasus, pada usia yang sama seseorang bisa terlihat lebih muda atau lebih tua dari usia sebenarnya.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian seperti dirilis Brightside belum lama ini menyebutkan, kondisi tersebut tergantung pada faktor eksternal dan bukan pada genetika. Mereka mengatakan hanya ada 20 persen dari dampak yang ditentukan oleh genetik atau keturunan.

Untuk mendeteksi apakah tubuh mengalami penuaan lebih cepat, berikut 5 tanda-tandanya yang perlu dicermati.

Kulit kering dan bersisik
Biasanya tanda-tanda penuaan kulit muncul setelah usia 25 tahun. Tapi karena faktor yang buruk, penuaan bisa datang lebih awal. Seiring bertambahnya waktu, tanda-tanda ini akan tampak lebih jelas.

Jika kondisi kulit terus-menerus kering dengan pengelupasan yang terlihat, munculnya bintik-bintik pigmentasi, dan keriput kemungkinan ini terkait adanya masalah dengan sistem endokrin.

Selain masalah hormonal, keadaan kulit bisa dipengaruhi secara negatif oleh gaya hidup yang tidak sehat. Asupan yang tidak seimbang, mengabaikan penggunaan tabir surya, dan tingkat stres yang tinggi merupakan faktor penuaan lebih cepat dan menghambat proses pembaruan kulit.

Cara mencegahnya dengan mencukupi nutrisi untuk tubuh seperti makan sayuran, buah, kacang, serta biji-bijian.

Keriput di kelopak mata
Kelopak mata memiliki kulit yang tipis sehingga sangat rentan terhadap pengaruh faktor-faktor negatif seperti kelelahan, kurang tidur, stres, dan sinar UV. Itu sebabnya mengapa tanda penuaan pertama muncul yakni di area ini. Masuknya kelopak mata atau munculnya keriput membuat kita terlihat jauh lebih tua.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Wajah Terlihat Tua

Masalah ini mungkin tak dapat dihindari bagi orang lanjut usia, tapi jika perubahan mulai muncul sebelum usia 40 tahun, ini bisa menunjukkan masalah dalam fungsi organ-organ internal dan tingkat penuaan tubuh bisa lebih cepat.

Bagi sebagian orang ini juga bisa terjadi karena disebabkan oleh anatomi wajah yang berbeda-beda. Agar kelopak mata tak mengalami penuaan sebelum waktunya, cobalah untuk tidur cukup, hindari makanan asin, minum cukup air, dan jangan lupa untuk merawat kulit area mata secara rutin.

Fisik lemah
Saat melakukan aktivitas harian seperti berjalan atau menaiki tangga kita merasa cepat lelah, ini tidak hanya karena faktor kurang olahraga tapi juga pertanda jika tubuh kita sudah memasuki masa penuaan.

Setelah usia 40 tahun, volume otot mulai berkurang. Ini merupakan proses alami yang dapat diperlambat dengan cara berolahraga secara teratur dan bisa dipercepat dengan mengabaikan aktivitas fisik.

Cara mencegah hal ini yakni dengan memilih aktivitas yang disukai sehingga tidak perlu memaksakan diri untuk melakukannya setiap saat. Anda bisa melakukan yoga, menari, bersepeda, atau aktivitas fisik lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari selalu berusaha untuk aktif. Dibanding menggunakan lift, lebih baik pilih tangga agar tubuh tetap aktif bergerak.

Rambut rontok
Kehilangan 50-125 helai rambut sehari dianggap normal untuk orang dewasa yang sehat. Tetapi jika kita mulai mengalami kerontokan rambut lebih dari itu, maka segera konsultasikan dengan dokter. Dalam banyak kasus, tanda-tanda kebotakan dini muncul karena masalah hormonal.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA