Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Penuaan Sudah Terjadi Sejak Usia 20 Tahunan

Selasa 02 Apr 2019 10:34 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)

Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)

Foto: Health
Penuaan tidak hanya dimulai sejak usia 30 tahun tapi bisa terjadi sejak usia 20an

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aging atau penuaan merupakan takdir manusia sebagai makhluk hidup yang terus bertumbuh. Karena proses penuaan kulit menjadi keriput dan mengendur. Akan tetapi kondisi penuaan yang biasanya dimulai di usia 30 tahun juga bisa terjadi pada usia 20 tahunan.

"Proses aging ini terjadi pada usia 20-an, ini proses yang manifestasinya ada yang langsung terjadi dan ada yang tidak," ujar dermatolog Kardiana Purnama Dewi baru-baru ini.

Kebanyakan orang menganggap proses penuaan terjadi ketika usia menginjak usia 30 tahun. Padahal dengan kondisi udara dan polusi saat ini, maka proses itu pun bergeser terus-menerus. Terlebih lagi, faktor luar itu didukung dengan gaya hidup yang tidak sehat sehingga proses penuaan pun terjadi semakin cepat.

Spesialis Kulit dan Kelamin ini mengatakan penuaan kulit ada yang langsung terlihat saat seseorang sudah berusia 20-an karena faktor luar dan gaya hidup yang buruk. Akan tetapi, banyak pula yang memasuki usia 30-an baru menemukan tanda-tanda penuaan karena telah menabung sejak usia muda.

"Saat usia 30-an ini pasti muncul kerutan halus dan flek sedikit. Saat usia 40 tahunan tambah banyak ditambah kulit jadi kusam," ujar Kardiana.

Dermatolog di DC Beauty Clinic menyarankan untuk merawat kulit sejak sedini mungkin. Caranya dengan menggunakan pelembap setelah mandi untuk membuat kulit tidak kering dan tetap menjaga kelenturannya.

Waktu tersebut dinilai paling tepat mengingat kebanyakan produk pelembap kulit yang beredar memiliki sifat menyerap air. Dengan begitu, setelah mandi adalah waktu yang pas untuk membalurkan pelembap agar kulit tidak kering.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA