Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Belajar Bisnis Makin Asyik di 5 Channel YouTube ini!

Rabu 23 Oct 2019 09:42 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

YouTube tak hanya media hiburan tapi juga bisa jadi media belajar bisnis.

Ada banyak hal yang harus dipelajari ketika seseorang memutuskan untuk terjun dan memulai bisnis, agar langkah untuk meraih kesuksesan dalam bisnis bisa berjalan dengan lancar. Saat ini, beragam cara bisa ditemukan untuk mempelajari bisnis secara lebih mendalam, mulai dari mengikuti kelas bisnis hingga seminar-seminar bisnis yang lebih singkat.

Namun jika Anda ingin cara belajar yang mudah dan lebih fleksibel, mempelajari bisnis lewat Youtube tentu bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Berbeda dengan kelas atau seminar bisnis formal yang terjadwal, Youtube memang memungkinkan pebisnis pemula memiliki jam belajar yang bebas.

Anda bisa belajar kapan saja dan di mana saja, selama gadget tersambung dengan layanan internet. Selain itu, Anda juga bisa memilih dan menentukan sendiri materi bisnis yang akan dipelajari sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, proses belajar ini juga bisa dilakukan dengan nyaman dan bahkan dengan biaya yang minim, yaitu paket data atau Wi-Fi. 

Berikut ini ada beberapa pilihan channel Youtube yang bisa Anda jadikan pilihan tempat belajar bisnis yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

youtube
Channel Youtube

1. SuccessBefore30

Channel yang terbilang populer ini milik Chandra Putra Negara yang begitu rajin berbagi ragam tips tentang bisnis. Di channel ini, Chandra bahkan tidak hanya fokus pada para pebisnis saja, namun pria ini juga banyak memberikan tips berguna untuk para pelajar.

Selain itu, channel yang sudah banyak diakses oleh anak muda ini bahkan sudah memiliki pengikut hingga 361.414 subscribers juga membahas soal pengelolaan keuangan yang baik.

Tips-tips tersebut misalnya saja, cara menabung dan membeli rumah di saat usia masih di bawah 30 tahun, menabung bagi pelajar dengan uang Rp 5 ribu saja, cara sukses menjadi seorang pebisnis, dan yang lainnya. 

2. Rico Huang

Pria muda yang satu ini merupakan salah satu pebisnis yang telah sukses di usia yang masih muda. Dengan pengalaman dan ilmu bisnis yang dimilikinya, ia membagikan kisah perjuangannya kepada semua orang yang ingin sukses berbisnis. Tak membuka kelas, melainkan tips-tips bisnisnya itu ia bagikan dalam sebuah konten Youtube.

Pada umumnya, Rico mengemas berbagai kontennya dalam durasi yang cukup panjang, yakni sekitar 30 menitan. Namun jangan khawatir, Anda tidak akan bosan untuk menontonnya hingga usai. Rico terbiasa melakukan editing dan menyelipkan berbagai unsur komedi di dalam setiap kontennya, agar lebih menarik.

Baca Juga: Tips Jitu Memulai Bisnis dari Waralaba

3. ZAPFinance TV

Channel ZAPFinance TV menyajikan berbagai tips keuangan yang sangat berguna bagi Anda yang ingin belajar bisnis. Di Channel ini Anda akan bertemu dengan Prita Ghozie, seorang penulis dan sekaligus perencana keuangan.

Anda akan menemukan banyak tips untuk mengelola keuangan, seperti: cara mengatur keuangan bagi freelancer, cara menghitung dan menyiapkan biaya pernikahan, cara mengelola keuangan dengan tepat saat harga kebutuhan pokok melonjak, dan yang lainnya. 

Prita Ghozie mencoba mengkaji berbagai kontennya dengan durasi yang tepat, di mana Anda bisa mendapatkan informasi dalam porsi yang padat dan jelas. Selain itu, channel ini juga banyak memuat berbagai video dirinya saat mengadakan talk show di beberapa channel TV.

4. TEDx Talks atau TED

Channel yang berasal dari luar negeri ini juga bisa dijadikan sebagai tempat belajar bisnis. TEDx Talks atau TED banyak membahas berbagai topik tentang para pemimpin dunia dan bisa memperkaya wawasan Anda tentang berbagai hal, termasuk tentang berbagai isu di berbagai belahan dunia. Banyak video inspiratif yang bisa Anda temukan di sini dalam kemasan yang cukup menarik untuk ditonton dan dipelajari.

Baca Juga: Ingin Memulai Usaha? Ini Bisnis yang Selalu Menjanjikan

5. Evan Carmichael

Di channel yang diberi nama Evan Carmichael membagikan banyak tips tentang berbagai hal terkait bisnis, mulai dari kisah inspiratif para pebisnis sukses hingga berbagai kebiasaan yang akan membantu Anda meraih kesuksesan itu sendiri. 

Pria yang sudah tertarik dengan dunia bisnis di usianya yang masih sangat muda ini juga akan membuat kamu belajar lebih mudah, sebab Evan sering merangkum berbagai video menjadi satu dan membuatnya lebih mudah untuk ditemukan dan dipelajari secara keseluruhan.

Jadikan Youtube sebagai Media Pembelajaran

Sekarang ini Youtube bukan hanya dijadikan sebagai media hiburan saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran, salah satu bidang bisnis. Sudah banyak pebisnis sukses atau orang yang sengaja membuat konten bisnis berbagi ilmu bisnis yang dimiliki. 

Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi orang-orang yang baru saja ingin menjajal dunia bisnis. Mereka bisa belajar bisnis jadi lebih mudah dan praktis. Nikmati proses belajar dan membangun bisnis Anda hingga kesuksesan ada di tangan Anda.

Baca Juga: Mulai Bisnis Tanpa Modal? Bisa Kok!

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA