Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Lupus Paling Banyak Menyerang Perempuan

Rabu 23 Oct 2019 04:26 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Nora Azizah

Selena Gomez, selebriti dunia yang terdiagnosa mengidap lupus.

Selena Gomez, selebriti dunia yang terdiagnosa mengidap lupus.

Foto: EPA
Sembilan dari 10 orang dewasa dengan Lupus adalah perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi muda Selena Gomez diketahui telah lama menderita dan berjuang melawan Lupus. Selena menjelaskan bahwa Lupus merupakan penyakit yang mempengaruhi sekitar 1,5 juta orang Amerika. National Resource Center on Lupus menyebutkan mayoritas penderitanya adalah wanita.

Faktanya, sembilan dari 10 orang dewasa dengan Lupus adalah wanita. Biasanya Lupus berkembang selama tahun-tahun masa subur wanita (antara 15 dan 44 tahun). Praktis keberadaannya sangat menghancurkan karena lupus adalah penyakit seumur hidup.

"Sementara para ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan Lupus," kata direktur Divisi Divisi Rematologi dan Lupus di NYU Langone Health, kata Dr. Jill Buyon seperti dikutip dari Women's Health, Selasa (22/10).

Baca Juga

Dalam beberapa kasus lupus, tidak semua adalah genetik. Namun ada pengobatan yang efektif untuk penyakit ini, yang paling umum itu Plaquenil atau hydroxychloroquine, anti-malaria. Tentunya, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan sangat ditoleransi oleh kebanyakan orang.

"Dan kemudian ada terapi lain yang membangunnya tergantung pada aspek penyakit apa yang kamu miliki," ungkap Buyon.

Lanjut Buyon, gejala-gejala lupus sangat bervariasi. Mulai dari penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan hingga ruam. Akibatnya, sangat jarang bagi pasien untuk datang ke kantor dokter dengan gejala yang jelas-jelas menunjukkan penyakitnya. Hal Ini lebih dari diagnosis proses-eliminasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA