Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Mencicipi Mangut Lele Kuliner Khas Yogyakarta

Selasa 15 Oct 2019 18:15 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Mangut lele

Mangut lele

Kuah mangut kaya rasa.

Ceknricek.com -- Pernahkah Anda mencicipi "mangut lele" makanan khas dari Yogyakarta? Jika belum sesekali bolehlah Anda mencobanya. Berbeda dengan pecel lele, mangut lele adalah sajian berbahan dasar lele yang dipadukan dengan kuah mangut yang kaya rasa. Ini adalah sebuah upaya untuk mengangkat cita rasa ikan air tawar.

Proses memasak mangut lele dimulai dengan membersihkan ikan lele, lalu membumbuinya di rendaman air jeruk nipis, bawang putih, dan garam. Setelah sedikit direndam, lele kemudian digoreng sampai matang, lalu disisihkan.

Untuk membuat kuah mangut, diperlukan bumbu halus dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, kencur, dan ketumbar. Bumbu halus ini kemudian ditumis bersama lengkuas, daun jeruk, serai, dan daun salam.

Baca Juga: Nasi Jagung Putih Khas Bromo, Sego Ndeso Tengger

Sumber: Travelingyuk.com

Setelah bumbu mengeluarkan aroma yang sedap, itu artinya sudah cukup matang, sehingga bisa ditambahkan air bersama santan, lalu diaduk. Tambahkan juga kecap, garam, dan gula, lalu di akhir, lele yang sebelumnya sudah dimasak. Terus masak sampai kuah semakin berkurang dan teksturnya semakin kental. Setelah itu, hidangan mangut lele bisa segera disajikan.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA