Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Danau Tambing Poso Kian Diminati Wisatawan

Selasa 22 Oct 2019 13:14 WIB

Red: Nora Azizah

Danau Tambing

Danau Tambing

Foto: antara
Danau Tambing merupakan 'surga' burung endemik di Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Destinasi wisata Danau Tambing mulai diminati wisatawan, termasuk mancanegara. Danau seluas enam hektare ini terletak diatas ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut (Mpdl) di Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga

Koordinator obyek wisata yang dikelola Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Asdin mengatakan, saat hari libur seperti Sabtu dan Ahad, jumlah pengunjung mencapai 1.000 orang. "Itu sudah berlangsung tiga tahun terakhir ini. Sebelumnya, jumlah pengunjung berkisar 600 orang setiap hari libur," kata Asdin, Selasa (22/10)

Dia juga mengatakan, sebelumnya pengunjung didominasi kalangan anak muda seperti pelajar dan mahasiswa. Namun selama tiga bulan terakhir ini telah berubah. Danau Tambing termasuk salah satu dari beberapa destinasi unggulan di Sulteng yang diharapkan pemerintah menarik banyak wisatawan dan perolehan devisa negara.

Asdin mengatakan, khusus wisatawan mancanegara yang datang rata-rata mereka adalah para mahasiswa, peneliti dan penggemar berbagai jenis satwa endemik. Hal tersebut karena banyak burung yang hidup dan berkembangbiak di sekitar destinasi wisata Danau Tambing sehingga para peneliti dan penggemar burung menjadikan

"Danau Tambing dengan luas sekitar enam hektare tersebut adalah 'surganya burung'," kata Asdin.

Berdasarkan data, jumlah burung yang hidup dan berkembangbiak di hutan dan alam sekitar Danau Tambing mencapai lebih dari 200 jenis dan 30 persen diantaranya adalah satwa endemik. Obyek wisata Danau Tambing dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil dari Palu, ibu kota Provinsi Sulteng sekitar tiga jam melalui poros jalan Palu-Palolo-Napu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA