Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Jenis Makanan Ini tidak Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat

Senin 21 Oct 2019 14:16 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Pramugari di kabin pesawat.

Pramugari di kabin pesawat.

Foto: Antara
Makanan-makanan ini dianggap berbahaya apabila dibawa ke dalam pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, Wisatawan seringkali merasa bingung tentang jenis makanan apa yang boleh dibawa ke kabin pesawat. Terkadang, sudah lelah mengepak barang, ternyata tas berisi makanan tidak diizinkan masuk ke dalam pesawat.

Beberapa jenis oleh-oleh makanan bahkan tidak bisa dibawa dalam penerbangan. Tak jarang makanan tersebut harus ditinggalkan, atau dikirim dengan jasa ekspedisi. Bahkan, ada juga yang terpaksa membuangnya karena bentuknya yang mencurigakan atau dianggap berbahaya.

Dilansir melalui travelandleisure, Senin (21/10), berikut beberapa jenis makanan yang dilarang dibawa ke dalam pesawat.


Minuman Keras Beralkohol Tinggi

Baca Juga

Alkohol tertentu memiliki aturan berbeda, dan apa pun yang mengandung lebih dari 70 persen alkohol tidak baik untuk diterbangkan sama sekali. Jadi, kirimkan saja ke rumah.

Makanan Kaleng

Barang-barang kalengan boleh terbang, tetapi biasanya harus sesuai ukuran yang ditentukan. Ini bisa menjadi masalah besar karena kebanyakan kaleng lebih dari 3,4 ons dan mereka akan membutuhkan scan tambahan. Cara terbaik yaitu dengan mengirimnya langsung ke rumah.

Minyak, Cuka, Madu, dan lainnya

Minyak zaitun, minyak goreng khusus atau cuka, madu, dan barang-barang sejenisnya sangat bagus untuk oleh-oleh. Tapi masalahnya, semuanya cair.  Jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar, tetapi jika Anda ingin membawanya, Anda harus mengirim barang-barang itu pulang atau mematuhi aturan penerbangam.


Selai kacang dan keju krim
Sayangnya, aturan yang ada tidak hanya untuk cairan, ini juga berlaku untuk item yang berbentuk krim karena memiliki konsistensi yang lembut (seperti gel).  Keju krim, saus, selai kacang, dan yoghurt krim atau barang-barang lain seperti ini tidak apa-apa untuk dimasukkan ke dalam bagasi terdaftar, tetapi hanya dapat dibawa dalam wadah dengan berat kurang dari 3,4 ons.

 

Daging segar atau makanan laut

Kedua jenis makanan ini harus dikemas dengan benar dan benar-benar beku pada saat masuk mesin screening.  Aturan ini juga berlaku untuk es dan bungkus es yang digunakan untuk menjaga makanan tetap beku dalam wadahnya. Jika Anda mematuhi aturan-aturan ini, Anda dapat membawa barang-barang ini di bagasi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA