Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Setop Lakukan Hal Ini Kalau Kamu Mau Sukses Besar

Selasa 22 Okt 2019 09:39 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Mau sukses, tidak hanya dengan berpangku tangan.

Sukses memang menjadi impian semua orang. Mau sukses, tidak hanya dengan berpangku tangan. Berbagai cara dilakukan agar bisa sukses, baik itu sukses dalam berkarier, berumahtangga, atau dalam hal lain.

Ukuran sukses bagi setiap orang berbeda, termasuk cara menggapainya. Nah, sekarang giliran kamu untuk mengetahui dan memahami kelebihan dan kekurangan dalam dirimu. Instropeksi diri, apa saja yang baik kamu lakukan dan yang harus kamu hentikan agar bisa sukses.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu setop lakukan jika ingin cermati.com /artikel/contoh-surat-peringatan-sp-dan-aturan-yang-benar-untuk-karyawan" target="_blank" rel="noopener">sukses besar, seperti dirangkum Cermati.com.

Baca Juga: Berjiwa Politik di Usia Muda! Ini Fakta Menarik Hillary Brigitta Lasut, Anggota DPR Termuda

 

1. Bekerja Tanpa Istirahat

Kerja Keras
Bekerja tanpa istirahat

Kunci utama kesuksesan adalah kerja keras. Tapi kerja keras yang melampaui batas kemampuan sangat tidak dianjurkan. Artinya kamu memaksakan diri secara terus menerus untuk bekerja siang dan malam. Tenaga dan pikiran diporsir tanpa jeda istirahat.

Tentu saja, hal ini akan merugikan dirimu sendiri. Bukannya sukses, karena terlalu keras bekerja, apapun yang kamu kerjakan atau lakukan, tidak maksimal. Itu karena kamu kurang istirahat, kelelahan.

Kalaupun dapat uang banyak dari kerja kerasmu, mungkin saja tubuhmu yang sudah terlanjur letih malah tumbang. Sakit dan harus dirawat intensif di rumah sakit. Walhasil uang dari hasil jerih payahmu, malah terbuang sia-sia tanpa kamu bisa menikmatinya.

Oleh karena itu, bekerjalah sesuai dengan kemampuan. Kerja keras boleh, asal diimbangi dengan istirahat. Keduanya harus seimbang. Dengan begitu, kesuksesan akan menghampirimu karena kamu dapat bekerja secara produktif dan maksimal.

2. Egois

Egois
Egois

Sifat egois harus disingkirkan dalam dirimu. Merasa paling benar, paling jago, paling hebat, paling pintar dibanding yang lain. Egois tidak memikirkan lingkungan sekitar, selalu mementingkan diri sendiri.

Jika kamu terus mempertahankan sifat egoismu dan tidak mau berubah, satu per satu temanmu, orang-orang terdekatmu akan pergi meninggalkanmu. Karena mereka ingin berteman dengan orang yang mau menghargai satu sama lain, saling mengerti dan memahami.

Bagaimana kamu bisa sukses, kalau tak ada dukungan dari teman, sahabat, keluarga, dan rekan-rekan. Sukses itu bukan hanya dicapai seorang diri, tapi juga ada andil dari orang-orang di sekitarmu.

3. Terlalu Peduli Perkataan Orang Lain

Gosip
Terlalu peduli perkataan orang lain

“Anjing menggonggong, kafilah berlalu.” Jika ingin sukses jangan dengarkan apa kata orang. Lakukan saja sesuatu yang menurutmu baik, maka orang akan mengapresiasinya. Orang yang tidak suka denganmu, pasti akan selalu mem-bully, nyinyir, berkata negatif atas dirimu dan apa yang sudah kamu kerjakan.

Jadi tidak usah pedulikan omongan orang lain. Ambil nasehat-nasehat yang baik bagimu, buang perkataan buruk yang dapat menghambat kesuksesanmu. Kalau sedikit-sedikit, kamu mendengarkan ocehan orang lain, kamu sendiri yang akan terpengaruh.

Kamu jadi ragu dalam melakukan sesuatu karena mengikuti apa yang orang lain katakan. Tingkat kepercayaan dirimu berkurang. Ingat, sukses, kamu yang menentukan, bukan orang lain. Jadi jangan biarkan orang lain menyetirmu.

Baca Juga: 10 Pekerjaan ‘Hip’ Ini Cocok Jadi Sampingan yang Menjanjikan

4. Sering Menunda Waktu

Kerja Keras
Sering menunda waktu

Mengabaikan hal kecil kerap berdampak buruk bagi kesuksesan seseorang. Contohnya adalah sering menunda waktu. Bagi orang sukses, waktu adalah uang. Waktu 24 jam sangat berharga untuk melakukan hal-hal luar biasa. Sering menunda waktu adalah ciri orang malas.

Datang tepat waktu, mengerjakan pekerjaan sesuai deadline, dan hal berguna lainnya agar waktumu tak terbuang percuma. Dengan begitu, setiap detiknya, kamu dapat menghasilkan dan menjadi orang sukses.

5. Tidak Pernah Berpikir Positif dan Mendengarkan Hal Positif

Berpikir positif
Tidak pernah berpikir positif dan mendengarkan hal-hal positif

Energi positif yang berasal dari pikiran dan perkataan akan sangat mempengaruhi harimu. Kalau mau sukses, tanamkan dalam benakmu untuk selalu berpikir positif. Termasuk mendengarkan hal-hal positif, seperti menyimak kisah sukses orang-orang terkaya yang memulai karier dari nol.

Kemudian tancapkan dalam pikiranmu, kamu juga bisa sukses seperti mereka mereguk kesuksesan. Setelah itu berikhtiar dan berdoa. Jika kamu mensugestikan dirimu dengan kalimat-kalimat positif, maka akan muncul semangat untuk mencapai sukses. Semesta pun akan mendukungmu.

Yakinlah, Setiap Orang Bisa Sukses

Kesuksesan milik setiap orang. Kesuksesan akan menghampiri orang yang mau berusaha. Kesuksesan tidak ada yang instan, semua perlu proses. Jika orang lain bisa sukses, kamu juga pasti bisa menggapainya. Asalkan kerja keras dan pantang menyerah.

Ingat, dalam perjalanannya untuk menuju kesuksesan, pasti ada saja kendalanya. Jika kamu gagal di tengah jalan, jangan menyerah. Bangkit dan kembali berusaha. Habiskan jatah gagalmu, lalu kesuksesan akan datang kepadamu. Semangat.

Baca Juga: Ini Pekerjaan Tanpa "Ngantor" yang Bikin Kaya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA