Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Siapkan Dana Pendidikan Anak Lewat 3 Investasi ini

Kamis 17 Oct 2019 07:27 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Biaya pendidikan anak memang sangat besar dan butuh investasi

Pendidikan menjadi bekal yang sangat penting bagi masa depan anak. Untuk itu, mempersiapkan dana pendidikan selalu menjadi salah satu tugas penting yang harus dilakukan setiap orangtua, bahkan sejak anak-anaknya masih kecil. Hal ini penting dilakukan, mengingat dana pendidikan ini terbilang sangat besar dan para orang tua akan membutuhkan waktu yang panjang untuk mempersiapkannya dana pendidikan yang jumlahnya tak sedikit. 

Menabung memang menjadi cara umum yang sering dipilih para orang tua, tapi untuk mempercepat pengumpulan dana pendidikan tak ada salahnya para orang tua menambahnya dengan kegiatan investasi. Para orang tua akan mendapatkan sejumlah keuntungan yang lebih besar. Namun, tetap saja orang tua tidak boleh langsung memilih instrumen investasi. Sebab, harus mengetahui dana pendidikan yang dibutuhkan terlebih dahulu, kemudian barulah memilih instrumen dengan tepat.

Berikut ini terdapat ulasan yang perlu diperhatikan orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan anak lewat investasi yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

Hitung dan Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menghitung semua kebutuhan dana pendidikan anak mulai dari masuk Taman Kanak-kanak (TK) hingga menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah nanti. Pastikan Anda memasukkan semua komponen biaya dengan benar dan menyesuaikannya dengan rata-rata kenaikan inflasi setiap tahunnya. 

Hal ini juga harus Anda sesuaikan dengan usia anak saat ini. Hitung dengan cermat dan dapatkanlah jumlah yang tepat dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dana pendidikan anak di masa yang akan datang. Jika perlu, Anda bisa meminta bantuan konsultan keuangan yang profesional untuk urusan yang satu ini.

Setelah itu, Anda barulah bisa mulai menghitung jumlah dana yang bisa disiapkan dan alokasikan untuk melakukan investasi, baik itu dalam bentuk tetap setiap bulannya atau bahkan investasi dalam jumlah besar sekaligus dengan mengandalkan dana tabungan atau yang lainnya. 

Hitung masa investasi yang Anda miliki dan juga jumlah keuntungan yang diharapkan dari kegiatan investasi tersebut, sehingga bisa lebih mudah memilih instrumen investasi yang akan digunakan. Berikut ini adalah beberapa pilihan instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan, antara lain: 

1. Emas 

emas
Emas

Investasi emas menjadi salah satu yang paling populer dan banyak dijadikan sebagai pilihan. Harganya yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan tentu menjadi salah satu alasan di balik hal tersebut. 

Pada umumnya emas mengalami kenaikan sekitar 10% hingga 22% setiap tahunnya, sehingga instrumen yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan dalam menyiapkan dana pendidikan anak yang masih dibutuhkan di masa-masa yang akan datang. Semakin lama Anda berinvestasi dalam emas, maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan. 

2. Reksadana

reksadana
Reksa Dana

Reksadana juga menjadi instrumen jangka panjang yang sangat layak dijadikan sebagai pilihan sumber dana pendidikan anak. Saat ini, ada banyak jenis reksadana yang bisa ditemukan di pasaran dan kini sudah lebih mudah untuk diakses oleh orang awam. 

Anda bisa memilih reksadana yang waktunya tepat dan sesuai dengan kebutuhan dana pendidikan anak, misalnya 1 tahun, 5 tahun, dan yang lainnya. Keuntungan yang dijanjikan instrumen yang satu ini juga cukup menjanjikan, mulai 7, 95% per tahunnya.

Baca Juga: Tips Jitu Investasi Reksa Dana bagi Para Pemula

3. Saham

saham
Saham

Jika melihat kebutuhan dana pendidikan anak yang cukup besar, memilih saham sebagai instrumen investasi untuk menyiapkan dana ini adalah keputusan yang tepat. Saham memiliki potensi keuntungan yang cukup besar, apalagi jika Anda menyimpannya dalam waktu yang lama. Namun pastikan pahami risiko investasi ini dengan baik sejak awal dan mengelolanya dengan cara yang tepat. 

Baca Juga: Ini Cara Agar Investasi Jangka Panjang Anda Sukses

Pahami Instrumen Investasi yang Dipilih

Lakukan investasi yang tepat dan siapkan dana pendidikan anak Anda sejak sekarang, agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan baik di masa yang akan datang. Namun, pastikan Anda memahami dengan baik instrumen investasi yang dipilih, termasuk dalam mengatur strategi akan investasi dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Jangan ragu untuk bertanya kepada investor yang telah berpengalaman untuk mendapatkan arah investasi yang tepat.

Baca Juga: Kesalahan dalam Melakukan Investasi dan Cara Memilih Investasi yang Tepat

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA