Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Trik Bakar Lemak Lebih Banyak Saat Olahraga

Ahad 20 Oct 2019 10:01 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Wanita berolahraga

Wanita berolahraga

Agar bisa bakar lemak lebih banyak, olahraga sebaiknya dilakukan sebelum sarapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga merupakan salah satu cara untuk membakar lemak berlebih di dalam tubuh. Proses pembakaran lemak dengan berolahraga ini bisa lebih ditingkatkan dengan trik yang sangat sederhana. Trik tersebut adalah pengaturan makan dan waktu berolahraga.

Agar bisa membakar lemak lebih banyak, olahraga sebaiknya dilakukan sebelum sarapan di pagi hari. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Bath.

Studi ini mengambil sampel kecil yang melibatkan 30 laki-laki obesitas maupun kegemukan. Dari studi ini, tim peneliti menemukan bahwa kelompok yang berolahraga sebelum sarapan dapat membakar lemak dua kali lebih banyak dibandingkan kelompok yang berolahraga setelah sarapan.

Logikanya cukup sederhana, olahraga yang dilakukan saat tubuh tidak memiliki 'bahan bakar' akan medorong terjadinya pembakaran karbohidrat yang tersimpan di dalam tubuh. Setelah karbohidrat ini habis, tubuh akan beralih ke sel-sel lemak.

Selain itu, tidak sarapan sebelum berolahraga akan membuat otot menjadi lebih responsif terhadap insulin. Kondisi ini dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

"Kelompok yang berolahraga sebelum sarapan meningkatkan kemampuan mereka dalam merespons insulin," jelas associate professor dari Departemen Kesehatan University of Bath Javier Gonzalez, seperti dilansir Metro.

Secara umum, Gonzalez mengatakan baik partisipan yang berolahraga sebelum sarapan maupun setelah sarapan sama-sama mendapatkan kebaikan dari olahraga, yaitu kebugaran dan penurunan berat badan. Akan tetapi, orang-orang yang ingin membakar lemak lebih cepat disarankan untuk berolahraga dalam keadaan perut kosong.

Bila menerapkan metode ini, perhatikan pula menu sarapan yang akan dikonsumsi setelah berolahraga. Pastikan menu sarapan yang dikonsumsi merupakan menu makanan dengan kandungan gizi seimbang. Menu sarapan yang baik setelah berolahraga merupakan salah satu kunci penentu dari keberhasilan olahraga dalam jangka panjang. Selain itu, penting juga untuk tetap menjaga hidrasi tubuh sebelum berolahraga.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA