Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Tya Ariestya Cerita Kesulitan Ibunda Sebelum Operasi Kanker

Ahad 20 Oct 2019 03:12 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Israr Itah

Tya Ariestya

Tya Ariestya

Foto: Republika/Desy Susilawati
Menurut Tya, kala itu ibunya sering merasa kesulitan buang air kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Artis Tya Ariestya memiliki pengalaman tak terlupakan saat ibunya hendak menjalani operasi kanker otak beberapa waktu lalu. Menurut Tya, kala itu ibunya sering merasa kesulitan buang air kecil padahal dokter menganjurkan untuk mengonsumsi air minum dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga

“Dokter menganjurkan minum yang banyak. Tapi di sisi lain aku juga kasihan lihat mama, karena dia sulit kalau buang air ke toilet. Sampai akhirnya ada saudara jenguk bawa popok dewasa confidence, aku coba pakaikan ke mama dan Alhamdulillah nyaman dan bantu mama banget,” kata Tya di Jakarta, Sabtu (19/10).

Saat sebelum mengenakan popok, kata Tya, ibunya juga jarang bisa tidur pulas karena sering terganggu dengan hasrat buang air kecil. Padahal sebelum menjalani operasi, ibunya selalu merasa pusing dan sakit kepala hebat sehingga diharuskan bed rest.

“Dulu mama sering nahan pipis jadi istirahatnya keganggu. Itu kan bikin khawatir, apalagi mau menjalani operasi,” ungkap Tya.

Tya mengatakan, pemilihan produk popok juga harus diperhatikan. Karena jika popoknya tidak aman dan nyaman, dikhawatirkan bisa mengganggu kenyaman pasien. Selain itu, durasi penggantian popok juga harus diperhatikan betul untuk memastikan kotoran dan bakteri yang ada dalam popok tidak menjadi penyakit baru bagi pengguna.

“Usahakan selalu diganti rutin, agar orangtua tetap nyaman. Karena itu akan sangat berpengaruh pada kesembuhan dia kan,” kata Tya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA