Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Saran Pandji Pragiwaksono Buat yang Ingin Jadi Podcaster

Sabtu 19 Okt 2019 08:33 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor dan penulis buku, Pandji Pragiwaksono

Aktor dan penulis buku, Pandji Pragiwaksono

Foto: ROL/Abdul Kodir
Pandji Pragiwaksono membagikan tip untuk menjadi podcaster.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siaran podcast kini mulai banyak diminati oleh masyarakat. Tak heran bila minat untuk menjadi penyiar podcast atau podcaster pun mulai bertumbuh, khususnya di kalangan generasi muda.

Komedian stand up yang memiliki latar belakang sebagai penyiar pandji pragiwaksono berbagi beberapa tip untuk bisa menjadi podcaster yang menarik. Berikut ini adalah beberapa tip menjadi podcaster seperti diungkapkan oleh Pandji dalam inaugurasi "Gue Anak Radio Season 2" di Mahaka Square, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jangan takut jelek
Kunci pertama untuk bisa menjadi podcaster yang baik adalah menyukai prosesnya terlebih dahulu. Pandji mengatakan podcaster pemula jangan terhalang oleh rasa takut tampil jelek, karena tidak ada pemula yang bisa langsung mahir melakukan sesuatu.

"Kunci dari berkarya adalah bertumbuh. Mulai dulu aja, lalu bikin yang lebih baik," ujar Pandji.

Di sisi lain, Pandji juga mengingatkan agar podcaster pemula tidak cepat berpuas diri. Masukan yang membangun dari orang lain atau pendengar juga diperlukan agar bisa berkembang. Dengan kata lain, podcaster harus bisa menilai diri sendiri secara objektif.

Jumlah pendengar bukan fokus utama
Saat mulai meniti karier sebagai podcaster, jangan hanya berfokus pada menambah jumlah pendengar. Pandji mengatakan, podcaster pemula perlu lebih berfokus pada menghasilkan karya dan konten yang berkualitas baik.

"Percuma banyak pendengar kalau kontennya nggak bagus, mau dengar apa?" kata Pandji.

Bicara dengan jelas
Seperti halnya radio, Pandji mengatakan podcast tergolong ke dalam media selintas. Artinya, pendengar biasanya mendengarkan siaran podcast sambil melakukan aktivitas lain, seperti menyetir mobil atau mengerjakan tugas.

"Pastikan ngomong dengan jelas," ungkap Pandji di hadapan para peserta "Gue Anak Radio Season 2".

Selain artikulasi yang jelas, podcaster juga perlu melatih bicara dengan tempo yang baik. Podcaster juga disarankan untuk menghindari istilah-istilah yang rumit agar mudah dicerna oleh pendengar.

Jauhi go with the flow
Podcaster perlu menghindari gaya penyiaran yang go with the flow atau hanya mengikuti arus. Podcaster perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk menyusun konsep yang menarik dan apik sebelum memulai siaran podcast. Dengan begitu, proses penyampaian informasi selama siaran podcast berlangsung akan lebih tertata dan memiliki tema yang jelas.

"Menurut gue, lo nggak bisa buka mic terus go with the flow. Itu malas mengonsep. Orang yang go with the flow, don't know where to go," tutur Pandji.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA