Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Turunkan Berat Badan dengan Kopi dan Teh Hijau

Rabu 25 Sep 2019 17:22 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah

Teh Hijau (ilustrasi)

Teh Hijau (ilustrasi)

Foto: FOOD & HEALTH With Timi Gustafson R.D
Kafein pada kopi, dan catechins di dalam teh hijau mampu mempercepat metabolisme.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunci untuk menurunkan berat badan adalah olahraga teratur dan mengurangi asupan makanan. Meski demikian, mengkonsumsi kopi dan teh hijau juga bisa sedikit membantu rencana diet.

Dilansir melalui laman Livestrong.com, Rabu (25/9), menyebut bahwa kopi dan teh hijau bisa membantu karena mengandung kafeiin. Zat ini yang akan mempercepat metabolisme tubuh.

Menurut Columbia Health, penurunan berat badan dengan mengkonsumsi kafein hanya 0,5 kilogram per bulan. Adapun secangkir kopi mengandung 100 miligram kafein. Sedangkan secangkir teh mengandung 14-60 miligram.

Tak hanya kafein, ternyata ada zat lain yang bisa membantu diet Anda. Sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menyebutkan, teh hijau bisa membantu diet karena mengandung zat catechins. Zat yang efektif bekerja jika bersamaan dengan kafein. Terutama menghilangkan lemak di perut.

Selain kopi dan teh hijau, ternyata ekstrak biji kopi hijau (kopi yang belum dipanggang) juga bisa membantu menurunkan berat badan. Dalam penelitian dengan judul "Diabetes, Sindrom Metabolisme dan Target dan Terapi Obesitas" tahun 2012, ternyata didapati informan yang diberikan ekstrak biji kopi hijau bisa kehilangan berat badan secara signifikan.

Meskipun kopi dan teh bisa membantu, tapi cara utama tentu mengatur pola makan dan olahraga dengan teratur. Konsumsi makanan rendah kalori seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA