Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

5 Tips Keuangan untuk Merencanakan Liburan Keluarga Muda

Rabu 16 Oct 2019 09:46 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Aktivitas yang sibuk membuat orang tua muda perlu waktu untuk menyegarkan pikiran.

Pada masa kini, sebagian besar dari generasi millennial dan barisan awal generasi Z sudah menjalani kehidupan berkeluarga. Para orang tua muda tentu harus banting tulang karena memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mempersiapkan masa depan keluarga kecil mereka.

Kewajiban untuk bekerja, mengatur rumah tangga, serta mengelola keuangan tentu menjadi rutinitas yang menjemukan. Belum lagi jika ditambah dengan keharusan mengasuh anak sambil bekerja. Pola kegiatan yang dilakukan tanpa henti tersebut pastinya dapat menimbulkan perasaan lelah dan jenuh.

Aktivitas yang sibuk tentu membuat orang tua muda memerlukan waktu untuk menyegarkan pikiran, baik dengan melakukan kegiatan yang disenangi maupun dengan berlibur bersama keluarga. Meski liburan bukanlah kegiatan yang sering dilakukan, jika dilakukan tanpa perencanaan yang kurang tepat, maka aktivitas tersebut dapat menimbulkan masalah pada kondisi finansial Anda.

Apabila Anda tengah merencanakan untuk berlibur bersama keluarga kecil Anda, aplikasikan 5 tips keuangan berikut agar kondisi keuangan tidak terlalu terbebani.

 

1. Tentukan Tujuan Liburan

menentukan tujuan liburan

Menentukan gaya liburan merupakan kunci utama yang bisa membuat perencanaan liburan Anda menjadi lebih akurat. Dalam menentukan gaya liburan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tempat wisata yang akan dituju. 

Apabila Anda telah memiliki momongan, maka pertimbangkan untuk mengunjungi tempat wisata yang akan disukai oleh anak-anak atau ramah anak. Hal ini tentu bertujuan agar buah hati Anda tidak rewel dan juga bisa menikmati kegiatan berlibur.

Adanya fasilitas internet memberikan Anda kemudahan dalam mencari informasi mengenai pilihan tempat wisata secara detil. Hanya dengan menggunakan gadget, Anda dapat mencari informasi tentang beberapa objek wisata dan seluk beluknya mulai dari lokasi, harga tiket, hingga fasilitas yang disediakan. Anda juga dapat melihat reviewnya di beberapa website tertentu jika menginginkan informasi berupa pengalaman pengunjung tempat wisata tersebut.

Selanjutnya, tentukan style liburan yang Anda inginkan. Pertimbangkan dengan bijaksana apakah Anda akan merencanakan liburan yang hemat, atau memberikan kenyamanan penuh untuk keluarga Anda. Tinjau kembali anggaran, dan diskusikan bersama pasangan untuk memilih gaya liburan yang sesuai dengan kondisi keluarga dan keuangan Anda.

Baca Juga: 4 Tips buat Kamu yang Suka Wisata Kuliner

2. Atur Anggaran

atur anggaran

Saat membuat perencanaan liburan, secara umum ada empat poin pengeluaran yang harus Anda perhitungkan, yaitu transportasi, biaya tempat wisata, konsumsi, serta belanja. Pastikan semua poin tersebut masuk dalam rencana anggaran berlibur Anda.

Jika Anda ingin meminimalisir anggaran untuk transportasi dan akomodasi, manfaatkan penawaran di momen travel fair atau promo yang disediakan oleh penyedia kartu kredit Anda. Tak jarang promo yang ditawarkan dapat menekan jumlah pengeluaran berlibur Anda secara signifikan.

Berkembangnya teknologi juga membuat banyak tempat wisata memiliki website resmi mereka sendiri. Dengan mengunjungi situs tersebut, Anda dapat mencari informasi-informasi penting seperti harga tiket dan wahana, serta fasilitas yang tersedia. 

Tidak jarang, beberapa objek wisata juga memberikan promo menarik pada saat-saat tertentu. Tentunya, Anda perlu sering melihat website tersebut untuk mengetahui apakah ada promo yang sedang ditawarkan maupun kerjasama bisnis dengan penyedia kartu debit maupun kredit Anda.

Pada umumnya, harga makanan dan minuman di tempat wisata lebih mahal daripada di tempat makan biasanya. Untuk mengantisipasinya, ada baiknya Anda menyiapkan dana lebih banyak, khusus untuk kebutuhan konsumsi selama liburan.

Salah satu alokasi pengeluaran yang wajib ada saat berlibur adalah untuk berbelanja oleh-oleh Perlu diingat, meski shopping di tempat wisata berbeda dengan di mall atau tempat lain, jangan sampai keuangan Anda menjadi berantakan karena berbelanja secara berlebihan. Agar pengeluaran tidak membengkak, sebisa mungkin hindari membelanjakan uang Anda melebihi batas yang telah ditentukan sebelumnya, atau bahkan sampai kalap menggunakan kartu kredit.

3. Siapkan Tabungan

tabungan liburan

Sedari kecil, Anda tentu telah diberikan pemahaman mengenai pentingnya menabung. Selain berperan sebagai dana cadangan, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan melalui kegiatan tersebut, terutama yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

Merencanakan liburan ketika Anda telah memegang uang yang cukup atau bahkan lebih, tentu akan menjadi lebih mudah ketimbang belum ada dananya sama sekali, bukan? Jadi, apabila Anda masih belum memiliki tabungan atau berinvestasi, maka tidak ada kata terlambat untuk segera memulainya. 

4. Persiapkan Kebutuhan Bertransaksi

alat pembayaran

Ketika merencanakan liburan, jangan lupa untuk mencari informasi mengenai transaksi yang berlaku di destinasi wisata Anda. Akan menjadi pilihan yang tepat jika Anda membawa kartu pembayaran yang dapat dipergunakan di mana saja, baik untuk kebutuhan bertransaksi maupun melakukan penarikan sebagai cadangan uang tunai Anda.

Apabila Anda memiliki rencana untuk menginap di hotel, biaya inap sebaiknya Anda lunasi jauh sebelum Anda berangkat berlibur. Semakin banyak urusan yang sudah dibereskan sebelum memulai liburan, tentunya momen kebersamaan Anda bersama keluarga akan menjadi menyenangkan dan pastinya membuat Anda merasa lebih tenang.

5. Selalu Persiapkan Plan Cadangan

 

rencana cadangan

Meskipun Anda telah membuat perencanaan dengan matang, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal di luar perkiraan. Agar kejadian tersebut tidak mengganggu kualitas liburan Anda, mempersiapkan beberapa rencana cadangan tentu merupakan tindakan preventif yang tepat untuk dilakukan.

Persiapkan pula dana cadangan, baik dalam kartu ATM Anda maupun dalam bentuk tunai agar bisa dipergunakan saat dibutuhkan. Selain itu, jika Anda memiliki asuransi, membawanya selama berlibur tentu merupakan hal yang amat penting. Saat rencana cadangan untuk mengantisipasi hal buruk telah Anda siapkan, kegiatan berlibur pasti menjadi momen yang membahagiakan bersama keluarga.

Baca Juga: Cara Mudah Ngumpulin Dana Traveling dengan Cepat

 

Perencanaan Oke, Liburan Lancar

Segala sesuatu yang direncanakan dengan matang tentu dapat berjalan dengan lancar dan minim kendala. Dalam membuat rencanakan liburan yang akurat bersama keluarga kecil Anda, pastikan untuk menentukan tujuan beserta style liburan. 

Persiapkan juga total anggaran yang sekiranya Anda perlukan untuk kegiatan berlibur agar kondisi keuangan tidak terganggu. Menyelesaikan transaksi hotel dan transportasi jauh-jauh hari, serta memiliki rencana-rencana cadangan juga hendaknya Anda lakukan agar liburan dapat berjalan tanpa gangguan.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun Pakai Pinjaman KTA, Masalah Gak Ya?

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA