Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Ini Alasan Urine Mengeluarkan Bau Menyengat

Jumat 18 Oct 2019 13:59 WIB

Red: Nora Azizah

Dehidrasi (Ilustrasi)

Dehidrasi (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Bau menyengat pada urine bisa menjadi pertanda tubuh mempunyai masalah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika buang air kecil, sesekali urine memiliki bau yang menyengat. Pernahkah anda merasa demikian?

Urine dengan bau yang menyengat ternyata menjadi pertanda dari beragam masalah kesehatan di dalam tubuh. Namun, urine yang berbau juga menandakan jenis makanan yang anda konsumsi.

Menurut Ahli Bedah dan Urologi dari Brigham and Women's Hospital Masschussetts, Michael O'Leary, MD, urine merupakan tolak ukur yang kuat terkait masalah kesehatan. Bahkan, saat ini banyak penelitian mengenai kesehatan selalu berpatokan dengan urine.

"Urine memberi kami petunjuk mengenai hidrasi, proses penyaringan, ginjal, jantung, hormonal, bahkan masalah tidur," ujar O'Leary dilansir melalui prevention.com, Jumat (18/10).

Faktanya, air seni yang berbau aneh bisa menjadi pertanda dari masalah kesehatan. Berikut beberapa penjelasan yang dikumpulkan dari ahli mengenai penyebab urine berbau menyengat.

Baca Juga

 

photo
Dehidrasi (ilustrasi)




Dehidrasi
Tidak cukup cairan di dalam tubuh menhjadi penyebab konsentrasi urin memiliki aroma seperti amonia. Produk limbah yang dihasilkan tubuh tidak memiliki cukup cairan sehingga air seni menjadi bau.

Kekurangan cairan tak hanya menyebabkan urine berbau tetapi juga berwarna pekat. Bila sudah sadar akan hal ini, lekaslah minum yang banyak.


Infeksi kandung kemih
Infeksi kandung kemih atau saluran kemih menjadi penyebab umum urine memiliki bau yang aneh. Bisanya, ini lebih umum terjadi pada perempuan karena memiliki uretra yang lebih pendek dari laki-laki. Hal ini menjadi umum terjadi karena sekitar 40 sampai 60 persen perempuan mengalami hal ini.


Kopi
Bila anda baru saja minum kopi, maka jangan heran urine anda memiliki bau yang menyengat. Kopi memilili efek diuretik ringan yang menyebabkan tubuh mengeluarkan air. Pada akhirnya hal ini membuat tubuh dehidrasi dan berkontribusi pada urine.


Bawang
Mengonsumsi bawang, khususnya bawang putih, juga bisa mengacaukan aroma urine. Namun, hal ini bergantung pada jumlah bawang putih yang dikonsumsi.


Kekurangan enzim tertentu
Sayuran yang bergizi juga bisa menyebabkan urine memiliki bau yang menyengat. Salah satu sayuran ini adalah asparagus. Bila seseorang tidak memiliki senyawa asparagus asnomic, maka urine akan menghasilkan bau asparagus.


Diabetes
Pertanda mengenai sakit diabetes bukan hanya seberapa sering seseorang buang air kecil. Urine yang berbau aneh juga menjadi sinyal seseorang mengidap diabetes. Hal ini terjadi karena di dalam air seni masih mengandung glukosa. Namun perlu waspada ketika air seni berbau manis. Ini menjadi sinyal bahwa penyakit diabetes sudah sangat serius.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA