Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Ragam Trik Memasak Kentang

Jumat 18 Oct 2019 08:47 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Memasak kentang.

Memasak kentang.

Foto: Needpix
Memasak kentang dimulai dengan memilih kentang yang kondisinya bagus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Me kentang ">masak kentang untuk membuatnya menjadi sajian yang bisa dinikmati mungkin membutuhkan sedikit persiapan. Dilansir The Kitchn, ada beberapa tips untuk mengolah kentang lebih baik dari sebelumnya.

Pilih kentang dalam kondisi bagus
Tak jarang, banyak orang tergoda untuk mengambil kentang dengan harga termurah di supermarket, maupun toko yang menjual sayur-sayuran. Padahal, ini berpengaruh pada kualitas rasa saat disajikan.

Karena itu, coba lihat dengan baik bagaimana tekstur dari kentang saat akan dibeli. Kebanyakan kentang memiliki kondisi bertepung dan lengket.

Jika memiliki tekstur agak lengket seperti kentang bliss dengan kulit merah, ini akan tahan saat di masak dan cocok  untuk disajikan sebagai salad dan semur. Sementara, kentang yang bertepung seperti Russets sangat empuk dan sesuai untuk disajikan sebagai bagian dari sup.

Bilas di waktu yang tepat
Saat membuat creamy scalloped potato casserole, jangan bilas irisan kentang mentah sebelum menambahkannya ke dalam resep. Pati alami dalam kentang yang ada dapat mengentalkan saus tanpa tepung.

Selain itu ada Latkes, hidangan lainnya yang membutuhkan tepung kentang. Dalam resep membuat makanan ini, kentang akan diperas hingga kering, namun pati dikumpulkan dan dipadukan kembali, agar kue tetap menyatu.

Rendam kentang
Sering kali Anda ingin langsung membilas pati kentang karena tidak tahan dengan tekstur yang lengket, atau memang ingin membuat hidangan yang tak lengket seperti kentang goreng. Jika demikian, lebih baik untuk merendam kentang dalam semalam untuk menghilangkan kelebihan tepung.

Pilih kentang serbaguna
Jika ragu untuk memilih kentang, pilihlah kentang kuning seperti Yukon Golds yang dianggap serbaguna. Lihatlah jenis serupa lainnya seperti Yellow Finns dan Bintje, yang berkulit halus dan tidak terlalu bertepung.

Ketahui kapan waktu mengupas kentang
Kulit kentang yang dikupas dengan baik bisa dikonsumsi dengan nikmat. Tetapi, jika tidak mengetahui waktu yang tepat untuk mengupas, maka hasilnya bisa menjadi tak sesuai harapan.

Aturan praktis yang diketahui dengan baik adalah kentang lilin biasanya tidak perlu dikupas, namun tidak demikian dengan kentang bertepung. Selalu pangkas bagian mata kentang dan kecambah kecil, dan hilangkan bagian hijau, yang rasanya pahit, bahkan bisa beracun dalam jumlah tertentu.

Ketahui kapan harus memotong kentang
Saat merebus kentang untuk menumbuknya, disarankan untuk memasak kentang terlebih dahulu, baru kemudian mengupasnya. Kulit kentang menjadi pelindung di dalam air dan membantu menghindari tekstur bergetah dari kentang yang basah.

Namun, saat dipanggang, kentang akan lebih cepat matang jika sudah dipotong. Jika resep Anda membutuhkan kentang yang diiris tipis atau berbentuk dadu, pastikan ukurannya konsisten. Hal ini akan membantu kentang matang secara bersamaan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA