Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Bahaya Menelan Pil tanpa Air

Jumat 18 Okt 2019 07:45 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Minum obat (ilustrasi).

Minum obat (ilustrasi).

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pil yang tersangkut di tenggorokan bisa sebabkan peradangan dan iritasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang mungkin merasa terlalu malas untuk menelan pil atau obat dengan air. Entah itu karena terburu-buru, atau tidak ada minuman, pada akhirnya mereka memutuskan untuk menelannya begitu saja.

Dilansir dari The Healthy, hal ini cukup berbahaya jika dilakukan. Pertama, membasuh pil dengan air, bukan hanya membantu pil tersebut tersangkut di tenggorokan, yang sekilas mungkin hanya sekadar menimbulkan ketidaknyamanan.

“Obat-obatan yang tersangkut di tenggorokan bisa menyebabkan peradangan dan iritasi,” ujar Jennifer Caudle, dokter dan  asisten profesor di departemen kedokteran keluarga di Rowan University-School of Osteopathic Medicine

Caudle mengatakan hal itu dapat menyebabkan sejumlah gejala, mulai dari mulas, nyeri dada, hingga esofagitis. Bahkan, pendarahan juga pada akhirnya bisa terjadi akibat menelan pil tanpa air.

Karena tak ada syaraf perasa nyeri di bagian tenggorokan, gejala-gejala biasanya tidak selalu terjadi dengan cepat. Beberapa orang memang sering mengalami nyeri dada atau merasa mulas, sehingga jika ini terjadi, mereka mengabaikannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, pil-pil yang tersangkut, dapat memecah dan mengikis jaringan halus kerongkongan, dan menyebabkan pendarahan yang menyakitkan, atau dehidrasi parah. Semua ini bisa menjadi sangat serius.

Sebuah studi dari Turkish Journal of Gastroenterology menemukan bahwa hampir semua jenis obat dapat menyebabkan tukak pada kerongkongan. Namun, Caudle mengatakan beberapa obat dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan ketika mereka tersangkut.

Termasuk diantaranya obat untuk mengobati osteoporosis, antibiotik , dan penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran. Caudle mengatakan obat pereda nyeri eperti Motrin dan Advil biasanya diminum tanpa air, namun jenis obat ini ternyata bisa menimbulkan masalah jika begitu saja dimasukkan dalam tenggorokan.

Untuk menghindari komplikasi dan masalah kesehatan yang berbahaya lainnya ketika menelan pil, sebaiknya selalu membasuh terlebih dahulu dengan setidaknya delapan ons air. Caudle mengatakan minumlah pil dalam posisi duduk atau berdiri, jangan sambil berbaring. Hal ini berarti Anda harus menghindari minum obat tepat sebelum tidur, atau setidaknya 15 menit sebelum tidur, untuk memungkinkan pil melakukan perjalanan ke kerongkongan.

“Bukan hanya tidak minum saat menelan pil membuatnya tersangkut, namun risikonya jauh lebih berbahaya saat Anda tidak menyediakan segelas air untuk melakukannya,” jelas Caudle.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA