Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Cafe au Lait dan Cafe Latte, Apa Bedanya?

Kamis 17 Oct 2019 20:37 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Cafe au Lait (Ilustrasi)

Cafe au Lait (Ilustrasi)

Foto: Peakpx
Keduanya sama-sama campuran kopi dan susu, lantas apa bedanya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara cafe au lait dan cafe latte. Sebenarnya keduanya memang memiliki arti yang sama persis, yaitu kopi dengan susu dalam berbagai bahasa.

Baca Juga

Namun, dua jenis minuman ini sangatlah berbeda. Dilansir My Recipes, Kamis (17/10), cafe au lait sebenarnya tidak harus merujuk pada minuman tertentu, dengan suatu metode untuk menyajikannya.

Cafe au lait bisa dibuat di rumah, menggunakan teko kopi dan susu hangat. Biasanya, di kafe, pembuatan minuman ini dilakukan dengan mesin espresso mahal, dilengkapi dengan susu atau steamed milk.

Cafe au lait biasanya disajikan dalam cangkir atau mangkuk kecill. Kemudian, biasanya juga terdiri dari setengah kopi dan setengah susu.

Berbeda dengan cafe latte, minuman ini terbuat dengan espresso, susu, dan foam. Latte membutuhkan lebih banyak susu dibandingkan dengan cafe au lait.

Biasanya, rasionya adalah 2:1 atau terdiri dari dua bagian susu dan satu bagian kopi. Latte sering kali disajikan menggunakan gelas berukuran tinggi.

Perlu diketahui, bahwa saat Anda memesan latte di Amerika, maka minuman dengan kopi dan susu ini akan datang. Namun, saat di Italia, jika memesan latte, maka minuman yang akan datang ke meja Anda hanyalah segelas susu.

Karena itu, saat berada di negara Eropa tersebut, sebutkan dengan lengkap bahwa Anda ingin memesan cafe latte. Selain itu, di beberapa negara, seperti di sebagian besar Eropa, cafe latte dan cafe au lait digunakan secara bergantian. Sementara, di Amerika Serikat (AS), latte cenderung lebih manis dibandingkan Eropa.

Jaringan kedai kopi global seperti Starbucks juga mempopulerkan penambahan sirup rasa di dalam latte. Di AS, sering kali orang-orang memeasan vanilla latte atau hazelnut latte, dibandingkan latte biasa.

Di New Orleans, terdapat perbedaan saat menyajikan cafe au lait. Di kota pelabuhan utama AS ini, biasanya ada paduan chicory atau sawi putih yang dimasukkan dalam minuman. Kemudian disajikan juga dengan pemanis untuk mengimbangi kepahitan minuman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA