Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Bahaya di Balik Buruknya Postur Tubuh Akibat Main Ponsel

Kamis 17 Oct 2019 14:35 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Anak main ponsel. Ilustrasi

Anak main ponsel. Ilustrasi

Foto: The West
Ada risiko kesehatan yang muncul akibat buruknya postur tubuh pengguna ponsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini, risiko kesehatan yang muncul akibat postur tubuh yang buruk terkait penggunaan ponsel pintar belum menjadi perhatian banyak orang, khususnya di Amerika Serikat (AS). Dalam sebuah survei terbaru, sebenarnya terdapat masalah medis yang serius akibat hal ini.

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kronis pada punggung, leher, dan lutut. Belum lagi masalah sirkulasi, mulas, dan masalah pencernaan.

Baca Juga

Penggunaan ponsel cerdas orang dewasa di Amerika rata-rata setiap harinya bisa lebih dari 3,5 jam. Hal itu berarti, orang-orang bisa berada dalam posisi yang salah berkepanjangan karena menggunakan smartphone selama berjam-jam. Sebagai contoh, mereka membungkuk untuk waktu yang lama karena fokus melihat layar ponsel.

Dalam sebuah survei, responden mendapat pertanyaan tentang kekhawatiran atas masalah mata hingga konsekuensi kesehatan potensial lainnya dari penggunaan perangkat seluler. Hasilnya, hanya 47 persen yang mengatakan mereka khawatir dengan postur tubuh yang buruk dan bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan mereka.

“Bukan hanya saat Anda melihat ponsel, tetapi setiap kali membuat postur tubuh dalam posisi yang kurang optimal, baik itu saat membaca buku, bekerja, maupun hanya sekadar bersantai di sofa,” ujar Nathaniel Melendez, seorang ahli fisiologi olahraga di Pusat Pelatihan Nasional Orlando Health di Clermont, Florida, dilansir Health 24, Rabu (16/10).

Menurut Melendez, banyak orang yang tidak menyadari masalah postur tubuh tersebut hingga pengaruhnya pada peningkatan rasa sakit dan masalah kesehatan lainnya. Ia mengaku telah melihat banyak orang yang memiliki postur buruk, ditambah dengan sering berjalan dengan posisi kepala dan leher yang menekuk ke bawah.

Padahal, sedikit ketidaksejajaran dapat membuat banyak tekanan pada tubuh. Untuk setiap inci kepala bergerak di depan tubuh Anda, maka ada 10 pon tekanan ditambahkan ke bahu.

""Jika, misalnya, kepala Anda menunduk sekitar empat inci ketika melihat ke bawah, untuk menatap layar ponsel, maka itu seperti Anda sedang mendudukkan anak yang di bahu Anda sepanjang waktu," kata Melendez.

Meski demikian, Melendez mengatakan bahwa masalah yang disebabkan postur tubuh buruk dapat diatasi dengan beberapa langkah mudah. Mulai dari melakukan latihan atau olahraga, yang nantinya membuat postur tubuh membaik serta meredakan rasa sakit yang selalu muncul sebelumnya.

"Saya bekerja dengan orang-orang secara khusus melakukan beberapa latihan postur korektif dan kami juga melakukan banyak gerakan fungsional, yang biasa dilakukan sehari-hari,” jelas Melendez.

Melendez menyarankan bahwa orang yang bekerja di depan layar komputer atau menghabiskan banyak waktu untuk duduk untuk memanfaatkan istirahat di sela-sela kesibukkan dengan beranjak dan bergerak. Jangan lupa untuk menggerakkan kaki dan meregangkan badan yang pasti pegal karena duduk terlalu lama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA